1 ABK Tewas dan 2 ABK Terluka Kena Tumpahan Air Panas, Satreskrim Polres Probolinggo Kota Visum Jasad Korban

Probolinggo – seorang ABK kapal pencari ikan antar provinsi, meninggal setelah tubuhnya terkena air panas yang tumpah saat berlayar menuju Dobo, perairan Arafuru, Provinsi Maluku.

Meski sempat bertahan dengan mendapat perawatan luka selama 2 hari, korban yang merupakan warga Provinsi Lampung akhirnya meninggal. Senin (27/6/2022).

Informasi yang di himpun detik jatim, kejadian kecelakaan kerja ini bermula korban yang diketahui bernama Rudi Hartono (50) warga Desa Sukajadi, Kecamatan Pugung, Provinsi Lampung, berangkat ke laut bekerja menjadi ABK kapal KM Bayu Sentosa 6, pada Jum’at siang (24/6/2022).

Angga Sauni (22), warga Tembangus, Lampung Selatan, teman korban yang juga terluka kena air panas, karena perjalanan jauh, korban bersama 2 temannya istirahat di lantai dekat dengan tempat memasak.

Namun dalam perjalanan tersebut, pemanas air dengan air panas penuh yang ada di dekat tempat masak terjatuh dan tumpah mengenai korban dan 2 teman lainnya.

“Tempat pemanas air tersebut tumpah karena saat itu ombak lumayan besar, dan kebetulan saya dan korban sedang tidur di bawah, hingga mengakibatkan kulit saya, dan korban melepuh,” ujar Angga.

3 korban yang terkena air panas kemudian mendapat perawatan oleh kru ABK lain, namun nahas, 2 hari perjalanan, tepatnya hari minggu (26/6/2022), korban Rudi Hartono meninggal karena luka yang di deritanya.

“Paska kejadian, saya, korban, dan 1 ABK lain yang luka ringan ini sempat mendapat perawatan dari ABK lain, namun karena korban mengalami luka bakar yang cukup parah, korban akhirnya meninggal,” tambah Angga.

Karena berbagai pertimbangan, nahkoda kapal memutuskan untuk kembali ke Pelabuhan PPI Mayangan.

Mendapat laporan adanya ABK meninggal, petugas dari KSOP, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Polair Polres Probolinggo, dan Polres Probolinggo mendatangi kapal tersebut yang sadar tak jauh dari Pelabuhan.

Setibanya di atas kapal, petugas kemudian melakukan olah TKP, serta memintai keterangan saksi serta korban lain.

Selanjutnya, korban yang di simpan di pendingin akhirnya di evakuasi dan di bawa ke kamar mayat RSUD dr. Mochamad saleh, sedangkan 2 korban lainnya langsung di bawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan luka.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Jamal mengatakan, membenarkan kejadian kecelakaan kerja ini, dimana saat kejadian, korban yang menjadi ABK KM Bayu Sentosa 6, terkena air panas.

“Kejadian kecelakaan kerja yang mengakibatkan 1 ABK kapal meninggal ini masih kita tangani, dan masih kita lakukan penyelidikan,” tegas AKP Jamal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *