2 Beruang Madu Lepas di Yogyakarta, Pengelola WRC Mengaku Teledor
2 Beruang Madu Lepas di Yogyakarta, Pengelola WRC Mengaku Teledor

2 Beruang Madu Lepas di Yogyakarta, Pengelola WRC Mengaku Teledor

eportal.id, Yogyakarta – Dua beruang madu lepas di Yogyakarta. Beruang yang berada di Wildlife Rescue Center (WRC) Pedukuhan Paingan, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo lepas dari kandangnya, Rabu, (29/4/2020) sekitar pukul 17.30 WIB.

Pengelola Wildlife Rescue Centre (WRC) Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY), Tarko Sudiarno mengakui adanya keteledoran petugas yang menangani kandang hingga mengakibatkan dua ekor beruang madu lepas.

“Nanti akan kita evaluasi. Kita maklum petugas kita juga sedang puasa,” kata Tarko, Rabu (29/4/2020).

Dijelaskan, beruang yang lepas tersebut merupakan beruang berjenis Sunbear atau Beruang Madu. Dua beruang madu yang lepas masing-masing jantan usia 8 tahun dan betina usia sekitar 5 tahun. Kedua beruang madu tersebut rencananya akan dilepaskan ke habitat alaminya yang ada di Kalimantan atau Sumatera.

Baca Juga:  ODGJ Mengaku Wartawan dan Palak Uang Sekolah

Diberitakan sebelumnya, kedua beruang itu diketahui lepas dari kandang sekitar pukul 17.00 WIB tadi.
Sebelum kejadian, pawang seperti biasa memberikan makan dan membersihkan kandang. Namun saat menutup pintu kandang diduga kurang pas sehingga gembok terlepas dan kedua beruang tersebut bisa keluar.

Beruang betina sudah tertangkap petugas dengan menggunakan jaring di depan WRC, sedangkan beruang jantan masih belum ditemukan.

Upaya pencarian dilakukan oleh petugas WRC, dibantu TNI/Polri dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) karena beruang madu ini berbahaya bagi masyarakat.

Setelah melakukan pencarian selama sekitar lima jam. Akhirnya pada pukul 22.00 WIB beruang jantan berhasil ditangkap di pekarangan warga tidak jauh dari lokasi WRC yang berada di Kecamatan Pengasih.

Baca Juga:  Detik-detik Tiang Listrik Jatuh Menimpa Mobil di Banjarmasin, Penumpang Selamat

“Tadi kita bius dan jala sebelum dievakuasi ke kandang. Selama lepas beruang ini lari di kebun warga,” kata Kepala Seksi Wilayah I BKSDA Yogyakarta, Untung Suripto.

Berikut ini video beruang madu lepas di Yogyakarta berhasil ditangkap kembali:

(rnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *