9.000 Dosis Vaksin PMK Diterima Pemerintah Kabupaten Probolinggo

Probolinggo – Kabupaten Probolinggo, menerima vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, sebanyak 9000 dosis atau 90 botol vaksin. Rinciannya, 7000 dosis atau 70 botol vaksin untuk sapi perah dan 2000 dosis atau 20 botol vaksin untuk sapi potong. Sabtu (25/6/2022).

“Alhamdulillah, vaksin PMK, akhirnya sudah diterima oleh Kabupaten Probolinggo. Vaksinasi PMK ini diperlukan sebagai upaya pengendalian dan penanggulangan PMK di Kabupaten Probolinggo,” ujar Plt Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo drh. Faiq El Himmah.

Faiq menjelaskan vaksin PMK ini, diterima dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) kepada Kabupaten Probolinggo, melalui Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. Vaksin PMK ini dialokasikan kepada 19 provinsi tertular PMK, salah satunya Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga:  Tempat Wisata Tak Luput Dari Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

“Prioritas dari vaksin PMK ini adalah sapi dan kerbau bibit di UPT pembibitan pusat dan daerah, sapi perah milik peternak dan koperasi serta sapi dan kerbau indukan serta anakan,” jelas Faiq.

Menurut Faiq, kriteria sapi yang bisa divaksin adalah sapi dalam kondisi sehat dan belum pernah terinfeksi PMK, pedet umur minimal 2 minggu serta betina yang sedang bunting kondisi sehat.

“Setelah vaksinasi pertama, kemudian vaksinasi diulang 4 minggu kemudian dan booster 6 bulan kemudian. Dalam satu botol itu berisi 200 ml yang bisa digunakan untuk 100 ekor. Vaksin ini harus disimpan pada suhu 2 hingga 8 derajat Celsius,” tambah Faiq.

Sementara Plt Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo, Maryoto, mengharapkan setelah vaksin PMK datang adalah ternak sapi perah dan potong yang sehat bisa segera diberikan vaksin PMK oleh tenaga medis kesehatan hewan.

Baca Juga:  Suhartatik, Perawat RSUD Soewandhie Surabaya Meninggal karena Covid-19

“Selain itu, terkendalinya penyebaran penyakit PMK dan timbulnya antibody PMK pada ternak setelah divaksin serta Kabupaten Probolinggo khususnya dan Indonesia pada umumnya bebas PMK,” tegas Maryoto.

Kunjungi Juga

Pencuri Uang di Toko di Wilayah Desa Condong Probolinggo Ditangkap Polisi

Probolinggo – Polres Probolinggo melalui Unit Reskrim Polsek Gading berhasil mengamankan satu orang tersangka kasus …

Menyalip Dari Sisi Kiri, Pemotor Meninggal Dunia Tabrak Truk Parkir di Jalur Pantura Gending

Probolinggo – Akibat kurang berhati-hati saat mendahului kendaraan lain, seorang pemotor menabrak sebuah truk yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *