Ahli Reptil Australia Gagal Lepaskan Ban dari Leher Buaya

eportal.id, Palu – Pertama kalinya Matt Wright gagal menangkap buaya selama berkiprah di dunia reptil. Hal ini diakui Matt usai upaya penangkapan terhadap buaya berkalung ban pada Jumat (14/2/2020) malam.

Dua kali tombak harpun yang diarahkan ke buaya berkalung ban meleset.

“Pertama kali mengenai bagian kepala buaya dan harpun itu tidak menancap di kulit buaya dan kedua kali harpun yang diarahkan ke buaya lagi-lagi meleset,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Pangi BKSDA Sulawesi Tengah, Haruna, Minggu (16/2/2020).

Kegagalannya itu pun ia akui kepada Satgas Penanganan Konflik Buaya BKSDA. Selama menjalankan misi menangkap buaya, si ahli reptil asal Australia itu tak pernah gagal.

Namun kali ini, Matt Wright mengakui hal itu. “Saya berdiskusi dengan Matt Wright dan memang dia akui bahwa harpun yang dia arahkan meleset karena gerakan buaya itu yang sangat cepat,” kata Haruna.

View this post on Instagram

Matt Wright, Pemerhati Reptil dari Aussie Ikut Cari Buaya Berkalung Ban – Dua warga Australia ikut membantu mencari buaya berkalung ban di Palu, Sulteng. Keduanya pun turun langsung ke lokasi untuk memantau keberadaan buaya itu. Warga asing tersebut Matt Wright, pemerhati reptil dari Australia, resmi tergabung dalam satuan tugas (satgas) penanganan buaya berkalung ban di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Peralatan dan strategi penyelamatan buaya muara tersebut kini telah dipersiapkan tim satgas. Matt Wright, yang juga presenter National Geographic Wild, akan ada di bawah koordinasi Kepala BKSDA Sulteng Hasmuni. Untuk mempercepat penyelamatan buaya berkalung ban, BKSDA Sulteng juga melibatkan BKSDA NTT dan Polairud Polda Sulteng. Pantauan: @gudangberita_ Cc : @inipalu #gudangberita_ #palu #buaya #BBKSDAPALU #buayaberkalungban

A post shared by GBR (@gudangberita_) on

Upaya penangkapan yang dilakukan Jumat malam hampir saja berhasil. Sayangnya upaya penangkapan lagi-lagi gagal karena sorakan masyarakat.

“Kami optimis jika masyarakat yang menonton tidak bersorak maka upaya penangkapan itu akan berhasil,” kata Haruna.

Meskipun begitu, Matt Wright mengaku tidak akan putus asa. Ia akan membantu BKSDA untuk menangkap buaya berkalung ban.

Surat izin Matt Wright yang berakhir Sabtu (15/2/2020), diperpanjang BKSDA hingga Selasa (18/2/2020) mendatang. Sehingga, upaya penyelamatan diharapkan berhasil sebelum surat izin berakhir.

“Hari Rabu Matt akan kembali dan kami akan melakukan upaya penangkapan dan penyelamatan hingga malam hari,” kata Haruna.

Sementara itu Chris Wilson yang datang bersama Matt Wright untuk membantu penangkapan buaya berkalung ban telah kembali ke negaranya.

“Kemarin Chris sudah pulang dan misi penangkapan akan dilanjutkan oleh Matt dengan Satgas BKSDA tanpa Chris,” ujarnya.

(kumparancom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *