Aksi Tanam Ratusan Pohon di Hari Tani Nasional

BATU – Among Tani Foundation bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan aksi tanam ratusan bibit pohon di kawasan Cafe de Kleine, Oro-oro Ombo, Kota Batu, kamis (24/9/2020). Aksi tersebut didukung komunitas Bengkel Tani (Beta) dan Batu Agromart, sekaligus ikut meramaikan Hari Tani Nasional 2020.

Menurut Dr. Ir. Damanhuri, M.S. selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, maju mundurnya dunia pertanian tidak hanya bersandar satu atap saja, tetapi melibatkan semua komponen yang ada, dari petani hingga dinas terkait. Untuk memperkuat pertanian di lapangan, dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak pendukung.

“Semua harus kerjasama, tanpa kerjasama sulit untuk berkembang. Apalagi sifat manusia itu sosial, butuh manusia lain disekitarnya. Dari kerjasama itulah ada upaya meningkatkan suatu produk pertanian”, jelasnya.

Baca Juga:  Harga Cabai Mulai Melemah Usai Idul Fitri

Menilik historis Hari Tani Nasional diperingati setiap 24 September, mengacu UU nomor 5 tahun 1960 oleh Presiden Soekarno. Terkait Hari Tani Nasional 2020, bertemakan “Meneguhkan Reforma Agraria untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan”.

Ditempat terpisah, Ricky Fetrian dari komunitas Beta mengajak seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan khususnya Pejuang Tangguh Masa Kini atau disingkat Petani, untuk meningkatkan pertanian dengan konsep terintegrasi dan bebas residu.

“Budidaya yang sehat secara menyeluruh dengan langkah konkrit, bertujuan menghasilkan produk berkualitas, terjamin, diminati pasar, bermanfaat bagi kesehatan dan budidaya tersistem,” kata Ricky.

Ia menambahkan, pengembangan teknologi Bionano yang ramah lingkungan dan didukung secara akademisi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, sudah sesuai SOP.

“Limbah pertanian dapat diolah dan dijadikan nilai manfaat yang berkesinambungan untuk seluruh budidaya dalam mengatasi dampak lingkungan yang selama ini menjadi permasalahan baik secara fisik, kimia, biologi maupun geologi”, jelasnya.

Baca Juga:  Warganet Tuding Busana China di Uang Rp 75 Ribu, Padahal Busana Adat Suku Tidung

Ricky optimis, dengan tekad, dan semangat collaboration, connection, dan commerce,  generasi Indonesia terus berkarya menuju ketahanan pangan, menjaga kelestarian dan mengembalikan Indonesia menjadi negara Agraris.

Sementara itu Tri Agus Abdi Sholeh dari komunitas Batu Agromart menjelaskan, pertanian masuk sektor strategis, karena berhubungan langsung kebutuhan pokok yang bersifat mutlak. Disebut mutlak, lantaran setiap orang membutuhkan pangan setiap harinya, dan pangan itu harus sesuai antara ketersediaan dengan konsumen.

“Makin kuat ketersediaan pangan suatu negara, akan menguatkan sektor lainnya. Tapi, makin lemah pangan yang ada di suatu negara, akan melemahkan sektor lain. Ini disebabkan pangan tidak bisa ditawar, barangnya harus ada, harus tercukupi”, jelas orang yang bernama akun Wong Tani Batu di medsos, sekaligus pendiri komunitas Among Tani Nusantara.

Baca Juga:  Balap Liar di Padang, 80 Pebalap Liar Diamankan Polresta Padang, Warga Beri Apresiasi

Lanjutnya, permasalahan harga pangan yang tersenggol efek pandemi covid-19, tidak bisa dipungkiri terjadi di beberapa tempat. Namun, bukan berarti permasalahan itu tanpa solusi, justru sebaliknya, membuka peluang baru yamg sebelumnya tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

“Peluang baru biasanya muncul ketika ada tekanan. Umumnya tekanan itu dianggap berat, tapi bila berlangsung cukup lama, justru memunculkan ide-ide baru. Ide inilah yang menciptakan peluang, bisa ke arah palawija, holtikultura atau yang lainnya”, jelasnya.

Protokol kesehatan pandemi covid-19 tetap diberlakukan pada kegiatan tersebut. Bibit pohon ditanam di berbagai titik, dan Penanamannya dilakukan secara serentak. (dodik)

Dikirim dari Yahoo Mail di Android

Kunjungi Juga

Ormas Kepemudaan Kota Probolinggo Bagikan Nasi Bungkus, Masker Dan Donor Darah Dihari Sumpah Pemuda

Probolinggo – Banyak cara dilakukan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, seperti yang dilakukan anggota ormas …

Stop Penyebaran Covid-19, Koramil 0820/18 Kotaanyar Gelar Ops Gakplin

Probolinggo – Guna menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Probolinggo khususnya di Kecamatan Kotaanyar, Koramil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *