Apresiasi Kampung Tangguh Wiro Secang Hadapi Pandemi Corona, Forkopimda Kota Probolinggo Tebar Benih Ribuan Ikan Lele dan Nila
Apresiasi Kampung Tangguh Wiro Secang Hadapi Pandemi Corona, Forkopimda Kota Probolinggo Tebar Benih Ribuan Ikan Lele dan Nila

Apresiasi Kampung Tangguh Wiro Secang Hadapi Pandemi Corona, Forkopimda Kota Probolinggo Tebar Benih Ribuan Ikan Lele dan Nila

eportal.id, Probolinggo – Tingkatkan ekonomi di saat pandemi Corona, Forkopimda Kota Probolinggo sulap sungai di kampung kumuh menjadi kampung bersih dan tangguh hadapi dampak Covid-19 dengan tebar ribuan benih ikan nila dan lele. Kamis (9/7/2020).

Kegiatan dihadiri Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya bersama anggotanya dan Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin beserta jajaran pegawai Pemkot Probolinggo.

Mereka memberi apresiasi di Kampung Tangguh Wiro Secang, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, dimana warganya sudah sadar arti pentingnya kesehatan di saat pandemi Corona, dengan hidup sehat sesuai protokol kesehatan.

Selain itu, banyak warga mulai menanam tanaman obat-obatan dan rempah-rempah di halaman rumah dan sepanjang jalan Kampung Wiro Secang ini.

Terciptanya hidup sehat membuat semua warga yang bermukim di Kampung Wiro Secang terbebas dari paparan Virus Corona dan bisa mandiri menghadapi dampak ekonomi dan sosial dari terjangan wabah Corona.

Baca Juga:  Hujan Deras Mengguyur Yogyakarta, Atap Mall Malioboro Ambruk

Apresiasi Kapolres Probolinggo Kota bersama Walikota Probolinggo tertarik untuk menebar ribuan benih di sungai kotor disulap warga menjadi sungai bersih, sehingga nantinya jika ikan sudah besar bisa dikonsumsi warga dan dimanfaatkan untuk memperbaiki ekonomi.

Dari kegiatan ini diharapkan tercipta lapangan pekerjaan baru, dengan membuat krambah dan memperluas sungai menjadi usaha ternak lele dan ikan lainnya.

Menurut Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya memberikan apresiasi dan berharap warga terus bisa mempertahankan kebersihan sesuai protokol kesehatan, dan menjadikan contoh ke kampung lainnya tentang arti pentingnya kebersihan, agar hidup sehat terbebas dari penyakit.

“Apresiasi kami ke kampung tangguh Wiro Secang merubah kampung kumuh dan kotor menjadi kampung bersih dan asri di saat pandemi Corona, dan sehingga tidak ada warga terpapar Covid-19, ditambah kemandirian menghadapi dampak pandemi Corona, semoga bisa menjadi contoh kampung lainnya”, ujar AKBP Ambariyadi di lokasi.

Baca Juga:  Seorang Balita Positif Corona, Total 17 Orang Terpapar Covid-19 di Kabupaten Probolinggo

Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyatakan bahwa dengan tabur ribuan benih ikan lele dan nila, bisa menjadi lumbung pangan dan sumber penghasilan baru bagi warga setempat.

“Semoga menjadi contoh kampung lainnya, Kampung Wiro Secang dulunya kumuh, sekarang menjadi kampung bersih dan tangguh serta kesadaran tinggi warganya ikut andil membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19, semoga dengan sungai bersih ribuan bibit ikan lele dan nila bisa menjadi lumbung pangan dan penghasilan baru warga Wiro Secang disaat pandemi Corona”, tegas Habib Hadi saat dikonfirmasi.

Margan, salah satu warga penggagas kampung kumuh menjadi kampung bersih, menuturkan usaha warga secara bertahap menata lingkungan di saat lock down, mulai dari mengecat dinding warna-warni dan gambar, terus mulai menanam tanaman dan bergotong royong bersihkan sungai, hingga akhirnya tercipta kampung Wiro Secang menjadi kampung sehat.

Baca Juga:  Pengemudi Tewas Terbakar Dalam Mobil di Medan, Ternyata Bos Diskotek The Cube

Ditambah warga mulai memberi ikan di sungai, dan saat ini mendapat kejutan dari Forkopimda Kota Probolinggo dengan menebar 4.000 bibit ikan lele dan nila.

“Berawal bertahap warga kampung Wiro Secang merubah kampungnya, mulai dari mengecat dinding-dinding, dan menanam tanaman obat dan rempah-rempah, dan bergotong royong bersihkan sungai kotor hingga bersih, dan mencoba menebar benih ikan ternyata hidup, dan akhirnya dibantu pemerintah dan TNI/ Polri dengan menebar ribuan benih ikan lele dan nila”, jelas Margan saat dikonfirmasi awak media.

Semoga Kampung Tangguh Wira Secang, menjadi percontohan kampung kumuh lainnya yang ada di Kota Probolinggo. (Risty)

Kunjungi Juga

Launching Kampung Tangguh Lawan Covid-19 di Probolinggo

Launching Kampung Tangguh Lawan Covid-19 di Probolinggo

eportal.id, Probolinggo – Menjelang penerapan New Normal, Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Probolinggo terus menambah …

Desa Sumber Kembar Resmi Menjadi Kampung Tangguh Covid-19

Desa Sumber Kembar Resmi Menjadi Kampung Tangguh Covid-19

eportal.id, Probolinggo – Launching Kampung Tangguh Covid-19 di Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *