Bima Arya Geram Trotoar Dipenuhi Lapak Pedagang di Jl Pedati Bogor: Bersihkan!

Bima Arya Geram Trotoar Dipenuhi Lapak Pedagang di Jl Pedati Bogor
Bima Arya Geram Trotoar Dipenuhi Lapak Pedagang di Jl Pedati Bogor

Bima Arya Geram Trotoar Dipenuhi Lapak Pedagang di Jl Pedati Bogor

Bogor – Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menggelar inspeksi mendadak dan menegur sejumlah pedagang kaki lima yang masih berjualan di sepanjang pedestrian di Jalan Pedati atau di seberang Plaza Bogor di Jalan Surya Kencana, Kota Bogor.

Bacaan Lainnya

Sekitar pukul 13.15 saat ingin meninjau bangunan Plaza Bogor yang segera dibongkar dan direvitalisasi menjadi ruang terbuka hijau, pusat UMKM dan lahan parkir.

Bima yang baru tiba di parkiran Plaza Bogor, justru berjalan ke Jl Pedati, yang berada di seberang Plaza Bogor.

Bima tampak geram karena melihat Jl Pedati yang baru satu tahun direvitalisasi menjadi jalur pedestrian kini dipenuhi lapak pedagang liar dan membuat lingkungan jadi kumuh.

Terpal dan tali plastik terjuntai ke jalan dan nampak saling terikat ke tiang lampu jalan hingga membuat pedestrian ini tampak kumuh.

Melihat itu, Bima tak buang-buang waktu dan langsung beraksi. Bima langsung menarik tali plastik pengikat terpal yang digunakan untuk menutupi barang jualan para pedagang dari hujan.

Menggunakan tangannya, tali itu ditebas hingga putus. Bima kemudian meminta pisau dan langsung memotong lilitan tali di tiang lampu jalur pedestrian.

Sepeda motor dan mobil yang ditemui di lokasi pun dipindahkan. Bahkan dipindahkan sendiri oleh Bima dengan cara mendorongnya.

Bima lalu menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Kota Bogor, untuk menyemprot jalur pedestrian Jalan Pedati yang tampak kotor oleh sisa-sisa barang dagangan. Dia meminta trotoar dikosongkan.

“Saya minta trotoar semua dibersihkan, akan disemprot. Saya minta dikosongkan, steril, trotoar ini akan dibersihkan semua,” kata Bima Arya menggunakan pengeras suara di atas mobil pemadam kebakaran.

Dibantu pihak Damkar, Bima Arya mengawali proses penyemprotan jalur pedestrian Jalan Pedati yang sebelumnya dipenuhi sampah pedagang sayur dan buah-buahan.

Berlangsung sekitar 45 menit, mobil Damkar sengaja dibuat membatasi sementara akses warga yang ingin berbelanja di Jalan Pedati untuk tidak menginjak area pedestrian yang sedang basah dan kotor, meskipun beberapa warga tetap melewatinya.

Jalan Pedati merupakan sebuah gang kecil di kawasan Surya Kencana yang direvitalisasi pada 2021 dan akan dijadikan pusat UMKM. Jalan Pedati yang sebelumnya dipenuhi pedagang liar kemudian ditata dan dipasangi paving block.

“(Tahun) 2023 ini kita akan pastikan yang menjadi target, dituntaskan. Ini semua dikoordinasikan dengan rapi. Termasuk kegiatan yang sudah selesai harus betul-betul dijaga. Tadi Lawang Seketeng, Pedati, saya pastikan dibersihkan secara steril (dari lapak pedagang). Pedagang sesuai dengan rencana untuk tidak berjualan lagi di jalan,” kata Bima usai sidak, seperti dikutip detikcom.

Berikut ini video Walikota Bogor Bima Arya geram trotoar dipenuhi lapak pedagang liar di Jl Pedati Bogor:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *