Detik-detik Bangunan Roboh di Atas Kirmir Sungai di Bandung
Detik-detik Bangunan Roboh di Atas Kirmir Sungai di Bandung

Detik-detik Bangunan Roboh di Atas Kirmir Sungai di Bandung

eportal.id, Bandung – Detik-detik saat Bangunan di Atas Kirmir Sungai Anak Kali Cibeunying Tiba-tiba Roboh
Sebuah bangunan di bantaran Sungai Cibeunying, Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal Kota Bandung, Jawa Barat tiba-tiba roboh, Sabtu (2/5/2020).

Peristiwa detik-detik bangunan roboh yang terletak di atas kirmir anak sungai Cibeunying ini terekam dalam sebuah video yang dibagikan akun @dpukotabandung di media sosial Instagram.

Kondisi tanah yang labil ditambah derasnya arus sungai akibat hujan yang mengguyur Kota Bandung membuat kirmir bangunan tergerus, sehingga pondasi retak dan membuat bangunan tersebut roboh ke sungai.

Dikabarkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena penghuni bangunan sudah dievakuasi terlebih dahulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Hujan semalam dengan durasi yang panjang serta debit air yg besar membuat kirmir di bawah bangunan cukup tergerus, karena tidak ada lagi pondasi bangunan, alhasil pondasi sekitar semakin retak dan akhirnya sabtu pagi bangunan tersebut roboh,” tulis DPU Kota Bandung.

Baca Juga:  Youtuber Kasih Bingkisan Berisi Sampah ke Waria, Satu Pelaku Ditangkap

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena penghuni bangunan tersebut sudah dievakuasi terlebih dahulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tulisnya lagi.

DPU Kota Bandung menghimbau agar masyarakat Kota Bandung tidak lagi membangun apapun di atas kirmir sungai.

“Mari kita pastikan jangan ada lagi bangunan apapun diatas kirmir sungai yaa, karena bisa berakibat fatal akibatnya. Apalagi disaat musim hujan seperti ini. Yuk kita kembalikan fungsi kirmir sungai sebagai Tembok Penahan Tanah untuk mengantisipasi tanah tergerus oleh aliran air sungai atau longsor,” katanya.

View this post on Instagram

Berikut detik-detik bangunan yang tiba-tiba roboh diatas kirmir anak kali Cibeunying RW.05 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal serta Penanganan darurat #urcdpu yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 02 Mei 2020. Hujan semalam dengan durasi yang panjang serta debit air yg besar membuat kirmir di bawah bangunan cukup tergerus, karena tidak ada lagi pondasi bangunan,alhasil pondasi sekitar semakin retak dan akhirnya sabtu pagi bangunan tersebut roboh. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena penghuni bangunan tersebut sudah dievakuasi terlebih dahulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. #sobatdpu mari kita pastikan jangan ada lagi bangunan apapun diatas kirmir sungai yaa, karena bisa berakibat fatal akibatnya… Apalagi disaat musim hujan seperti ini. Yuk kita kembalikan fungsi kirmir sungai sebagai Tembok Penahan Tanah untuk mengantisipasi tanah tergerus oleh aliran air sungai / longsor. Aturan terkait garis sempadan sungai telah ada pada Permen PUPR No.28/PRT/M/2015 Tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai dan Garis Sempadan Danau Bab II Pasal (7) sebagai berikut : "Garis sempadan sungai bertanggul di dalam kawasan perkotaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) huruf c, ditentukan paling sedikit berjarak 3 (tiga) meter dari tepi luar kaki tanggul sepanjang alur sungai" . @dpukotabandung @eportal.id @bataviainfo #dpukotabandung #rumahroboh #bangunanroboh #bandung #bandunghits #bandungbanget

A post shared by Eportal.id (@eportal.id) on

(rnd)

Kunjungi Juga

Ditangkap Kasus Prank Sembako Isi Sampah, YouTuber Ferdian Paleka Minta Maaf. (foto: TMC Polrestabes Bandung)

Ditangkap Kasus Prank Sembako Isi Sampah, YouTuber Ferdian Paleka Minta Maaf

eportal.id, Bandung – Polisi akhirnya berhasil mengamankan YouTuber Ferdian Paleka alias Ferdiansyah (21) dan temannya, …

Youtuber Kasih Bingkisan Berisi Sampah ke Waria, Satu Pelaku Ditangkap

Youtuber Kasih Bingkisan Berisi Sampah ke Waria, Satu Pelaku Ditangkap

eportal.id, Bandung – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung bertindak cepat. Setelah menerima laporan dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *