Erupsi Gunung Semeru Lumajang Semburkan Awan Panas Sejauh 11 Kilometer, Dan Rusak Fasilitas Umum

Probolinggo – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, semburkan APG (Awan Panas Guguran) membuat warga bermukim di lereng pegunungan Semeru, panik. Sabtu sore (4/12/21).

Gunung Semeru yang tertinggi di Pulau Jawa, erupsi pukul 15:00 WIB, awan panas dan hujan abu vulkanik membuat Kabupaten Lumajang gelap gulita.

Tak hanya itu, akibat dan dampak dari semburan awan panas, membuat banyak atap rumah warga ambruk, fasilitas umum rusak dan korban luka bakar akibat awan panas Gunung Semeru.

Hingga saat ini, Pemkab Lumajang, TNI/ Polri dan BPBD Lumajang dan relawan fokus pada penyelamatan jiwa, dengan melakukan evakuasi warga di daerah desa yang paling dekat dengan Gunung Semeru, seperti Desa Sumber Mujur dan Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Baca Juga:  Proses Evakuasi Kemanusiaan WNI Awak Kapal Pesiar World Dream

Besarnya luncuran awan panas, juga membuat jembatan penghubung Kabupaten Lumajang ke Kabupaten Malang, ambruk, dan arus lalu lintas lumpuh.

Hari, warga Kabupaten Lumajang, Gunung Semeru Erupsi pada Sabtu sore, dan membuat Kabupaten Lumajang dan Malang hujan abu, dan saat ini kondisi Kabupaten Lumajang gelap gulita, tertutup abu vulkanik, jembatan perak juga putus, dan banyak atap rumah warga ambruk.

“Erupsi Gunung Semeru pada pukul 15:00 WIB, disaat waega santai dirumah setelah bertani, erupsi Gunung Semeru membuat sore hari gelap gulita langit tertutup abu vulkanik Gunungapi Semeru, banyak atap rumah warga ambruk dan jembatan Perak juga ambruk, itu jembatan penghubung Lumajang – Malang” jelas Heri.

Baca Juga:  Gudang Penimbunan Minyak Terbakar di Ogan Ilir

Hingga saat ini semua pejabat Forkopimda, Forkopimka, BPBD Lumajang dan Pemprov Jatim, dan relawan fokus kepada penyelamatan jiwa.

Kunjungi Juga

Tinjau Lokasi Bencana Banjir, Forkopimda Kabupaten Probolinggo Gelar Kerja Bakti dan Salurkan Bantuan

Probolinggo – Pasca bencana banjir yang memutuskan jembatan di Desa Gunggungan Kidul Kecamatan Pakuniran Kabupaten …

Tinjau Lokasi Bencana Banjir, Forkopimda Kabupaten Probolinggo Gelar Kerja Bakti dan Salurkan Bantuan

Probolinggo – Pasca bencana banjir yang memutuskan jembatan di Desa Gunggungan Kidul Kecamatan Pakuniran Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *