Hari Pertama Larangan Mudik, Ribuan Kendaraan Dipaksa Putar Balik ke Jakarta
Hari Pertama Larangan Mudik, Ribuan Kendaraan Dipaksa Putar Balik ke Jakarta

Hari Pertama Larangan Mudik, Ribuan Kendaraan Dipaksa Putar Balik ke Jakarta

eportal.id, Jakarta – Kepolisian menindak 1.181 saat musim mudik lebaran tiba. Semua kendaraan dipaksa putar balik ke Jakarta saat melintas di lokasi penyekatan Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (24/4/2020) dini hari.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2020 untuk menindaklanjuti kebijakan larangan mudik oleh Polda Metro Jaya.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Istiono menyebut, terdapat 1.400 kendaraan pemudik yang mencoba melintasi Tol Cikampek dan Tol Bitung.

Pihak kepolisian mengambil langkah tegas dengan memutarbalikan kendaraan-kendaraan tersebut ke daerah asal.

Hal itu disampaikan Istiono usai meninjau langsung Pos Pam Terpadu yang berada di Km 31 Tol Cikampek, pada Jumat (24/4/2020) siang.

Baca Juga:  TNI-Polri Aktif Laksanakan Pam Posko Check Point Covid-19

“Tadi malam sekitar 800-an kendaraan diputarbalikkan di lokasi ini (Tol Cikampek). Dihitung total di dua pos pam terpadu sekitar 1.400 sudah diputarbalikkan,” kata Istiono dilansir liputan6.com

Istiono menyampaikan, petugas tak sembarangan dalam memberikan sanksi kepada kendaraan pribadi yang nekat mengangkut penumpang. Misalnya pada pagi hari.

“Kita harus selektif dan melihat aktifitas di lapangan pada pagi hari banyak karyawan, tentunya tindakan akan beda dibanding siang dan malam hari,” ujar dia.

Lokasi penyekatan berada di Bitung arah Merak dan Cikarang Barat arah Cikampek.

Jajaran Polda Metro Jaya juga memantau pergerakan pemudik melalui 16 Pos Pam Terpadu yang tersebar di ruas Jalan Arteri Depok, Tangerang, dan Bekasi (Detabek). Menurut data, petugas telah memutarbalikan 1.600 kendaraan sepanjang pagi hingga siang ini. Jumat (24/4/2020).

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Virus Corona dari Pemudik, Polres Probolinggo Kota Pasang Banner Larangan Mudik

Istiono menjelaskan, operasi ketupat 2020 memang difokuskan untuk menyekat pengendara yang nekat pulang ke kampung halaman di tengah wabah Covid-19.

Sementara itu sebanyak 170 ribu personel gabungan dari TNI-Polri diterjunkan selama operasi ketupat 2020. Mereka mengendepankan langkah persuasif untuk mengimbau masyarakat agar tidak mudik.

Diketahui, larangan mudik oleh pemerintah mulai berlaku pada Jumat (24/4/2020) pukul 00.00 WIB.

Mudik ke kampung halaman sudah menjadi ritual tahunan di Indonesia untuk melaksanakan lebaran Idul Fitri bersama keluarga di kampung setelah merantau. Tradisi ini didominasi oleh para pekerja yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Berikut ini video kendaraan dipaksa putar balik ke Jakarta:


(rnd)

Kunjungi Juga

Pemudik Dihadang Meriam Bambu oleh Warga, Terpaksa Memilih Putar Balik

Pemudik Dihadang Meriam Bambu oleh Warga, Terpaksa Memilih Putar Balik

eportal.id, Jakarta – Seorang pengendara motor yang diduga dalam perjalanan mudik terpaksa memilih untuk putar …

Antisipasi Penyebaran Virus Corona dari Pemudik, Polres Probolinggo Kota Pasang Banner Larangan Mudik

Antisipasi Penyebaran Virus Corona dari Pemudik, Polres Probolinggo Kota Pasang Banner Larangan Mudik

eportal.id, Probolinggo – Untuk melakukan antisipasi penyebaran Virus Corona atau covid-19, cara yang dilakukan Satlantas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *