Hujan Deras Disertai Petir Selama 5 Jam Ratusan Rumah Dan Jalur Pantura Probolinggo Terendam Banjir

Probolinggo – Semua wilayah Probolinggo, diguyur hujan deras disertai petir lebih dari 5 jam, akibatnya, sejumlah desa terendam banjir. Salah satunya banjir merendam ratusan rumah di Desa Gending, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Kamis (26/5/2022).

Ketinggian air berkisar antara 50 centimeter sampai 1 meter, kondisi ini membuat warga tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga miliknya. Dan sebagian warga memilih mengungsi.

Dari pantauan di lokasi hingga Kamis siang, tidak terlihat satupun petugas yang membantu warga menyelamatkan diri dari banjir.

Di desa tersebut sudah menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba, jika wilayah selatan hujan deras lebih 3 jam, dipastikan rumah penduduk bakal terendam banjir.

Selain itu, buruknya drainase yang berada di sisi timur jalan juga penyebab faktor air sungai meluap.

Baca Juga:  Festival Kesenian Hadroh Awali Peresmian Masjid Besar Nurul Hikmah Lombok

Gimun dan Ahmad, korban banjir, sudah menjadi langganan banjir tempat tinggalnya, karena drainase di wilayahnya perlu diperbaiki, agar setiap hujan deras tidak selalu kebanjiran.

“Di RT 6 dan RT 7, yang paling parah RT 6, ketinggian banjir berfariasi dari lutut hingga pinggang orang dewasa, drainase perlu diperbesar agar air tidak meluber dan selalu terjadi banjir” ujar Gimun.

“Air mulai masuk jam 10:00 WIB, saluran air perlu diperbaiki, karena desa kami selalu menjadi langganan banjir, yang terparah sudah 2 kali, warga butuh bantuan pemerintah, untuk meringankan dampak kerugian akibat banjir ini” tegas Ahmad.

Data sementara, setidaknya ada 3 kecamatan yang terendam banjir, yakni Kecamatan Gending, Kecamatan Pajarakan dan Kecamatan Dringu.

Baca Juga:  Rumah Kost Tiga Lantai di Jakarta Selatan Ambruk

Warga berharap, pemerintah segera memberi bantuan berupa makanan siap saji dan menyiagakan petugas di lokasi banjir.

Banjir ini juga mengakibatkan jalur pantura Desa Klaseman, terendam air sepanjang 300 meter dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter. Banjir ini mengakibatkan jalur pantura mengalami kemacetan hingga 5 kilometer.

Kunjungi Juga

1 ABK Tewas dan 2 ABK Terluka Kena Tumpahan Air Panas, Satreskrim Polres Probolinggo Kota Visum Jasad Korban

Probolinggo – seorang ABK kapal pencari ikan antar provinsi, meninggal setelah tubuhnya terkena air panas …

Dinas Peternakan Kota Probolinggo Gelar Vaksinasi PMK Perdana Sapi Perah dan Sapi Daging

Probolinggo – Pemkot Probolinggo melalui DPKPP, melakukan vaksinasi PMK kepada sapi perdana. Sasaran vaksinasi pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *