Indonesia Mengevakuasi Kepulangan WNI dari Wuhan China, 3 WNI Tidak Lolos

eportal.id, Jakarta – Merebaknya wabah virus Corona yang bermula dari Wuhan China membuat seluruh dunia khawatir. Wabah yang telah merenggut nyawa ribuan orang ini membuat pemerintah berbagai negara mengevakuasi warganya dari China, salah satunya Indonesia yang mengevakuasi 248 WNI. Berikut ini pernyataan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:

1) Sejumlah 238 WNI di Wuhan, kemarin tiba di Indonesia. Jumlah tersebut berkurang 7 orang dari yang sebelumnya direncanakan 245 orang. 4 orang mengundurkan diri dan 3 orang tidak lolos skrining kesehatan oleh Pemerintah Tiongkok.

2) Tiga WNI yang tidak lolos skrining kesehatan dikarenakan 2 batuk pilek dan 1 demam. Sampai saat ini, perkembangan mereka masih terus dipantau oleh KJRI serta mendapatkan jaminan pengobatan dari otoritas setempat. 

Baca Juga:  Kecelakaan Mobil CRV dan Xenia di Tol Karang Tengah

3) Sesampainya di Indonesia, seluruh WNI dan tim penjemput juga melakukan pemeriksaan kesehatan sekali lagi untuk memastikan kondisi mereka sehat. Kemudian dibawa ke Natuna untuk transit observasi sesuai pedoman @WHO.

4) Di Natuna, Pemerintah Indonesia telah menyediakan tempat tinggal yang memadai. Ada fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, sarana dan prasarana pendukung, serta logistik. Yang dilakukan disana adalah observasi bukan membatasi. 

5) Tempat observasi telah didesain sedemikian rupa & dibagi menjadi 3 ring. Ring 1 untuk tenaga kesehatan, ring 2 untuk penyediaan makanan & ring 3 untuk pemantauan. Sehingga kekhawatiran masyarakat akan potensi penularan nCoV tidak terjadi.

6) @KemenkesRI telah mengeluarkan pedoman kegiatan untuk warga negara Indonesia di Natuna. Logistik yang dibutuhkan juga akan terus diupdate untuk dipenuhi. 

Baca Juga:  Pasien Bohong soal Positif Corona, Perawat Menangis karena Tak Pakai APD

Untuk mengurangi kejenuhan, juga disediakan alat fitness, berbagai permainan, alat kesenian dll.

7) Novel #coronavirus dilaporkan di 23 negara. Tetapi, sampai saat ini masih belum pasti media penularannya darimana. Ada banyak versi mengenai close contact apakah melalui, droplet, airborne, atau kontak erat melalui mukosa. Ini belum terkonfirm 100%.

8) Bagaimana dengan Indonesia?

Hasil laboratorium sampai dengan pagi ini yang sudah terkonfirmsi adalah 34 spesimen yang dikirimkan dari 22 rumah sakit terdiri dari 7 WNA dan 27 WNI, semua hasilnya negatif. 

9) Bagaimana proses penanganan pasien positif nCoV?

Jika ada kasus terkonfirmasi dari @litbangkemenkes, maka pasien akan diisolasi. Perawatannya di ruangan khusus, dengan tekanan negatif, tenaga pelayanan pakai APD lengkap, setelah APD dilepas melewati sinar UV, lalu keluar.

Baca Juga:  Lahan Dipagar Pemda, Warga Melawan, Anggota Komisi II DPR RI Siap Pasang Badan

10) Pemerintah terus melakukan langkah antisipasi untuk mencegah masuknya novel #coronavirus ke Indonesia.

Masyarakat juga dihimbau untuk terus menjaga kesehatan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Germas. 

11) Karena pada dasarnya virus bersifat self-limiting disease. 

Artinya dengan imunitas tubuh yang baik itu bisa sembuh dengan sendirinya. Yang penting tetap waspada serta jaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi.

12) “Langkah strategis @KemenkesRI adalah meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap upaya penularan dan pencegahan. Dorong masyarakat untuk tahu dan ikut bertanggungjawab terhadap dirinya masing-masing,” – Dirjen Anung. (Twitter @KemenkesRI)

Kunjungi Juga

Akhirnya Tujuh Pelaku Adzan Hayya Alal Jihad Asal Majalengka Minta Maaf

Akhirnya Tujuh Pelaku Adzan Hayya Alal Jihad Asal Majalengka Minta Maaf

eportal.id, Majalengka – Pemerintah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat langsung bergerak cepat menyikapi viralnya salah satu …

Hari Ini 2 Pasien COVID- 19 Di Kota Probolinggo Meninggal Dunia

Probolinggo – Semakin menganasnya penyebaran COVID- 19 di Kota Probolinggo, membuat pasien COVID- 19, yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *