Jelang Akhir Tahun Disaat Pandemi Stok Darah Di PMI Kota Probolinggo Menipis

Probolinggo – Jelang akhir tahun, ditambah terjadinya pandemi COVID- 19 stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Probolinggo, sejak beberapa hari terakhir kondisinye terus menipis.
Nipisnya stok darah ini, banyaknya permintaan darah O, B dan Trombosit di beberapa rumah sakit di wilayah Probolinggo raya. Rabu (21/10/2020).
Terus menipisnya stok darah, membuat PMI dan Diskominfo Kota Probolinggo, mengunggah kondisi stok darah ke akun media sosial Facebook.

Saat ini yang tersedia dua golongan darah tersebut kisaran 3 sampai 4 kantong saja, sedangkan untuk ketersediaan Trombosit untuk semua golongan darah kondisinya tidak jauh beda, stok yang ada hanya beberapa kantong saja.

Saat ini, PMI Kota probolinggo terus berusaha bekerja sama dari berbagai pihak, mulai TNI, Polri, Perbankkan, Pemerintah kota, maupun instansi lainnya untuk berpartisipasi menyumbangkan darah.

Baca Juga:  Diadukan Karena Gelar Tarawih di Tengah Pandemi Corona, Remaja Rusak Rumah Warga

Agustina, salah satu pendonor darah, dia berpartisipasi ikut donor darah karena di media sosial (Medsos) ada informasi jika golongan tertentu stoknya menipis, apalagi golongan darahnya adalah B.
“Melihat ada informasi di Medsos, PMI kekurangan stok darah golongan B, karena darah saya B, akhirnya mendatangi kantor PMI, dan mendonorkan darah, guna membantu keberadaan stok darah di PMI Kota Probolinggo” ujar Agustina saat dikonfirmasi.
Idealnya stok ketersediaan darah, baik golongan O, B, A dan AB ada masing-masing berjumlah 12 sampai 15 kantong saja, rata-rata sebulan ada 50 kantong.

Dau Widodo, Kepala Administrasi PMI Kota Probolinggo, pada masa pandemi COVID- 19, jumlah pendonor sangat berkurang, apalagi permintaan darah dan Trombosit justru bertambah.
“Kekurangan stok darah di PMI Kota Probolinggo, dikarenakan ada penyebaran COVID- 19, jumlah pendonor darah dan Trombosit justru bertambah, sedangkan pendonor kurang” tegas Widodo saat dikonfirmasi.

Baca Juga:  Warga Buka Paksa Masjid untuk Usahakan Adzan Tetap Ada di Sumsel

Diharapkan warga agar ikut berpartisipasi menyumbangkan darahnya, apalagi dipenghujung tahun ini, permintaan darah semakin banyak.

Kunjungi Juga

Catatan Budaya dan Ekonomi, Sisi Lain Candi Sumberawan

Malang – Candi Sumberawan yang terletak di Desa Toyomarto, Singosari, Malang, menjadi salah satu ikon …

Candi Sumberawan Dalam Kacamata Historis

Malang – Candi Sumberawan terletak di Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Berdiri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *