Jelang Akhir Tahun Disaat Pandemi Stok Darah Di PMI Kota Probolinggo Menipis

Probolinggo – Jelang akhir tahun, ditambah terjadinya pandemi COVID- 19 stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Probolinggo, sejak beberapa hari terakhir kondisinye terus menipis.
Nipisnya stok darah ini, banyaknya permintaan darah O, B dan Trombosit di beberapa rumah sakit di wilayah Probolinggo raya. Rabu (21/10/2020).
Terus menipisnya stok darah, membuat PMI dan Diskominfo Kota Probolinggo, mengunggah kondisi stok darah ke akun media sosial Facebook.

Saat ini yang tersedia dua golongan darah tersebut kisaran 3 sampai 4 kantong saja, sedangkan untuk ketersediaan Trombosit untuk semua golongan darah kondisinya tidak jauh beda, stok yang ada hanya beberapa kantong saja.

Saat ini, PMI Kota probolinggo terus berusaha bekerja sama dari berbagai pihak, mulai TNI, Polri, Perbankkan, Pemerintah kota, maupun instansi lainnya untuk berpartisipasi menyumbangkan darah.

Baca Juga:  Heboh, Truk Memuat Barang yang Diduga Masker Bekas

Agustina, salah satu pendonor darah, dia berpartisipasi ikut donor darah karena di media sosial (Medsos) ada informasi jika golongan tertentu stoknya menipis, apalagi golongan darahnya adalah B.
“Melihat ada informasi di Medsos, PMI kekurangan stok darah golongan B, karena darah saya B, akhirnya mendatangi kantor PMI, dan mendonorkan darah, guna membantu keberadaan stok darah di PMI Kota Probolinggo” ujar Agustina saat dikonfirmasi.
Idealnya stok ketersediaan darah, baik golongan O, B, A dan AB ada masing-masing berjumlah 12 sampai 15 kantong saja, rata-rata sebulan ada 50 kantong.

Dau Widodo, Kepala Administrasi PMI Kota Probolinggo, pada masa pandemi COVID- 19, jumlah pendonor sangat berkurang, apalagi permintaan darah dan Trombosit justru bertambah.
“Kekurangan stok darah di PMI Kota Probolinggo, dikarenakan ada penyebaran COVID- 19, jumlah pendonor darah dan Trombosit justru bertambah, sedangkan pendonor kurang” tegas Widodo saat dikonfirmasi.

Baca Juga:  Bikin Haru, Penghormatan Terakhir Untuk Perawat RS Siloam yang Meninggal

Diharapkan warga agar ikut berpartisipasi menyumbangkan darahnya, apalagi dipenghujung tahun ini, permintaan darah semakin banyak.

Kunjungi Juga

Seleksi Kang – Yuk Kota Probolinggo 2020 Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Probolinggo – Puluhan pendaftar pemilihan Kang-Yuk Kota Probolinggo, melakukan seleksi pertama, meliputi wawasan keorganisasian keparawisataan, …

Raja Hipnotis Spesialis Konter Ponsel Di Kota Probolinggo Tertangkap Dan Diamuk Massa

Probolinggo – Apes pelaku hipnotis spesialis konter ponsel di Kota Probolinggo, berhasil ditangkap korbannya sendiri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *