Jelang Puasa Harga Daging Ayam Potong Tembus 42 Ribu Perkilogramnya Di Kota Probolinggo

Probolinggo – H min 3 jelang bulan suci Ramadhan, harga daging ayam potong di Pasar Baru Kota Probolinggo, terus melambung naik hingha menyentuh harga Rp 42.000 perkilo gramnya. Minggu (11/4/2021).

Sebelumnya harga daging ayam potong perkilo gram dikisaran Rp 38.000 dengan tingginya harga daging ayam ini membuat stok atau sisa daging ayam potong kemarin terpaksa tidak bisa di jual lagi.

Untuk harga daging ayam kampung sudah menginjak Rp 75.000 perkilo gramnya, khususnya untuk daging ayam broiler pedagang banyak mengambil wilayah Mataraman, karena di wilayah Tapal Kuda Jawa Timur, belum banyak yang panen.

Menurut pedagang hal ini lumrah terjadi menjelang bulan Ramadhan, karena selain dari distributor yang menentukan harga juga stok ayam yang terbatas, namun hingga saat ini stok ayam broiler masih aman sampai bulan puasa nanti.

Baca Juga:  Candi Sumberawan Dalam Kacamata Historis

Sejumlah pedagang mulai mengeluh, pasalnya dengan naiknya harga ayam ini, pembeli semakin berkurang drastis, selain itu, banyak pembeli mengurangi jumlah pembeliannya.

Menurut Buhariah, pedagang ayam potong di Pasar Baru, sejak 3 hari ini, harga setiap hari terus naik, karena mahalnya harga ayam.potong naik, membuat pembeli berpindah ke ikan lainnya.

“Harga ayam sekarang main Rp 40.000 sampai Rp 42.000 perkilogramnya, ngak ngerti penyebab naik harga ayam potong kalau kulakan naik kita jual dengan harga naik, pembeli berkurang karena harga ayam mahal” ujar Buhariah, saat dikonfirmasi.

Juga dikatakan penjual daging ayam potong, Muryana, kenaikan harga ayam terjadi jelang bulan puasa, harga akan terus naik sampai bulan suci Ramadhan dan lebaran nanti, untuk stok aman, hanya harga terus melambung naik.

Baca Juga:  Razia Keramaian Dipusat Perbelanjaan Satgas COVID- 19 Probolinggo, Swab Antigen 30 Pelanggar Prokes

“Harga ayam broiler naik terjadi 3 – 2 harian harganya naik, kenaikan jelang bulan suci puasa, harga ini pasti terus naik untuk ayam potong sampai bulan puasa nanti, dan kembali naik jelang lebaran” tegas Muryana.

Harga ayam saat ini merupakan harga yang tertinggi, karena harga standar ayam dikisaran Rp 25.000 sampai Rp 30.000 perkilo gramya, kemungkinan besar harganya akan terus naik saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

Tak bisa dipungkiri, daging ayam potong masih menjadi komoditi favorit warga selain murah di banding daging sapi juga menjadi salah satu makanan wajib yang di hidangkan untuk menu buka dan sahur.

Kunjungi Juga

Launching Gerai Vaksin Drive Thru, Kapolres Probolinggo: Program Unggulan dan Akselerasi Vaksinasi

Probolinggo – Polres Probolinggo kembali membuat inovasi untuk mendukung percepatan vaksinasi dengan Gerai Vaksin Presisi …

Hari Santri Nasional VII Pegawai Pemkot Probolinggo 8 Hari Bersarung Dan Berjilbab

Probolinggo – Ada pemandangan unik seperti di suasana pondok pesantren di Hari Santri Nasional ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *