Jet Tempur Amerika F-16 Tidak Dapat Digunakan Ukraina, Jika Rusia Mencemari Landasan Pacu
Amerika – Jet tempur Amerika yang diinginkan oleh Ukraina – F-16 Fighting Falcon terus menjadi fokus minggu ini juga. Kiev bersikeras memintanya untuk mengurangi superioritas udara Rusia.
F-16 seharusnya cukup cerdik digunakan membantu serangan balik Ukraina yang akan datang. Namun, saat ini, Washington menentang pengiriman semacam itu.
Berkali-kali ada komentar dari banyak ahli bahwa jet tempur Amerika F-16 tidak akan berguna bagi Angkatan Udara Ukraina.
Keinginan Kiev untuk mendapatkan pesawat-pesawat ini sudah mulai menimbulkan kecurigaan yang serius. Pertanyaan yang tepat sedang diajukan – apakah Kiev mencoba memperoleh F-16 secara gratis untuk armada Angkatan Udara masa depannya setelah perang berakhir?
Ada banyak logika dalam pernyataan ini mengingat potensi performa jet tempur Amerika F-16 dalam perang. Lusinan ahli perang udara mengklaim bahwa Ukraina tidak membutuhkan F-16.
BulgarianMilitary.com telah berulang kali melaporkan bahwa pesawat ini tidak akan membawa keuntungan yang diinginkan ke Kiev. Sebaliknya – itu bisa mengecewakannya. Dan kegagalan ini bukan karena karakteristik pesawatnya, tetapi karena keadaannya.
Kendala yang Biasa Terjadi
Kami akan menjelaskan kembali hambatan yang biasa terjadi pada jet tempur Amerika F-16 dan keterlibatannya dalam perang di Ukraina.
Pertama, pesawat ini tidak bisa lepas landas dari landasan pendek. Ukraina dan fasilitas Angkatan Udaranya dirancang untuk desain Soviet.
MiG-29 dan Su-27 adalah pesawat Soviet, bukan pesawat Barat. Pesawat ini tidak hanya dapat lepas landas dari landasan pacu pendek, tetapi juga dari landasan pacu yang kasar. F-16 tidak bisa melakukan itu.
Kedua, F-16 harus diservis di depot. Tidak ada yang mengharapkan Rusia untuk menyaksikan Ukraina membangun landasan pacu dan depot yang diperpanjang untuk melayani F-16.
Ketiga, F-16, karena keadaan di atas, tidak dapat disembunyikan. Bukan di bandara pertanian, bukan di hutan, bukan di jalan raya. Mengapa ini penting? Karena Angkatan Udara Ukraina benar-benar akan memberi tahu Rusia di mana F-16 berada.
Padahal, jika mudah disembunyikan, Ukraina bisa sangat mobile dalam penyebaran pesawat dan melancarkan serangan mendadak.
Kami tidak berbicara tentang karakteristik F-16, tetapi keadaan perang. Sekarang inilah sesuatu yang penting – F-16 harus lepas landas dari landasan pacu yang bersih.
Saat ini, tidak ada landasan pacu yang bersih di Ukraina. Tidak akan ada selama perang berlanjut.
Jika Anda perhatikan di bawah hidung F-16 ada asupan udara yang sangat besar. Dia memutar semua yang ada di landasan pacu dan di jalur F-16.
Ini berarti kerusakan mesin yang sering terjadi sehingga pesawat ini mungkin tidak akan pernah lepas landas. F-16 sangat rapuh sehingga landasan pacu, depot, dan pangkalan udara memerlukan persiapan khusus.
Ini adalah kata-kata ahli lain yang percaya bahwa Ukraina tidak membutuhkan jet tempur Amerika F-16. Kata Justin Bronk, seorang analis perang udara di think tank Inggris Royal United Service Institute [RUSI].
Saat ini, Rusia tidak membom lapangan terbang Ukraina. Tidak perlu dilakukan jika mereka bukan faktor dalam perang.
Namun, jika Ukraina menerima jet tempur Barat, penerbang Rusia kemungkinan besar akan menghapus rudal udara-ke-permukaan jarak jauh dari inventarisnya alias menghancurkan lapangan terbang.
Dalam skenario ini, mengetahui ketepatan yang dibutuhkan oleh wilayah di mana F-16 Ukraina berada, cukup bagi penerbang Rusia untuk mencapai landasan.
Anda bahkan tidak perlu membidik pesawat di landasan pacu, atau gedung pengawas lalu lintas udara. Itu cukup mencemari trek. Cukup menuangkan bahan bakar ke trek.
Serangan udara Rusia dengan sepasang Su-30/Su-35 dan MiG-31, yang meluncurkan bom seberat setengah ton atau satu ton atau rudal udara-ke-permukaan di landasan pacu, akan menyebabkan begitu banyak kerusakan yang diakibatkannya. kawah yang akan membuka pemeliharaan jalur acurine setidaknya selama berminggu-minggu.
Roda pendaratan F-16 Landasan pacu yang kotor bukan hanya masalah bagi pod hidung F-16. Undercarriage F-16 dalam kondisi seperti itu menjadi “relatif ringan”, kata Bronk.
Menurut ahli, pesawat tempur Amerika dirancang untuk memiliki rasio dorong-ke-berat yang relatif baik. Ini bagus dan buruk, karena tidak menambah bobot pesawat itu sendiri daripada yang seharusnya.
Bronk ingat bahwa kita berbicara tentang desain [Barat] Amerika, yang selalu berbeda dari desain pesaing Rusia. Mikoyan dan Sukhoi Rusia dirancang untuk beroperasi di “lapangan udara primitif”, sementara pesawat Amerika “mendarat keras, di landasan pacu mengambang”.
Dia membuat perbandingan ini untuk mengingat bahwa F/A-18 diambil sebagai pesawat dasar dalam desain pesawat tempur Amerika.
Bukan jet tempur Amerika F-16. Ukraina menginginkan petarung ini, dan jika Washington memutuskan – mari kita berikan. Tapi ada banyak pesawat tempur yang lebih baik yang akan bekerja lebih baik dalam keadaan seperti ini daripada F-16. Gripen adalah petarung paling akurat untuk Ukraina.
Landasan pacu pendek, lepas landas dari jalan raya, lepas landas dari lapangan udara pertanian, layanan lapangan tanpa memerlukan depot, penyebaran cepat setiap beberapa hari – semuanya di luar kemampuan teknologi dan kinerja yang tidak dapat disediakan oleh F-16.
Masalah Ukraina adalah Swedia bukan AS. Dan saat ini, AS mendanai Ukraina, bukan Swedia.
(BulgarianMilitary / Boyko Nikolov)
Comment