Kapal Sembako Tenggelam di Sungai Siak, Ribuan Warga Ambil Biskuit dan Mi Instan yang Hanyut. (istimewa)
Kapal Sembako Tenggelam di Sungai Siak, Ribuan Warga Ambil Biskuit dan Mi Instan yang Hanyut. (istimewa)

Kapal Sembako Tenggelam di Sungai Siak, Ribuan Warga Ambil Biskuit dan Mi Instan yang Hanyut

eportal.id, Padang – Kapal layar motor (KLM) Putra Sejahtera yang mengangkut barang dan sembako tenggelam di Sungai Siak di kawasan pelabuhan rakyat H Bul di Kelurahan Pesisir, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (15/5/2020) pagi.

Hampir seluruh muatan kapal hanyut di sungai. Video tenggelamnya kapal dan muatan sembako yang tumpah mendadak viral di media sosial.

Menurut keterangan pemilik KLM Putra Sejahtera, Ariyanto, kapal ekspedisi antar pulau tersebut tenggelam karena oleng pada saat akan berangkat dari pelabuhan.

“Kejadiannya sekitar pukul 05.30 WIB. Kapal mau berangkat ke Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). Tapi pada saat mau belok kanan arah hilir, kapal tiba-tiba oleng dan tenggelam. Waktu itu arus deras karena Sungai Siak sedang surut,” ucap Ariyanto.

Ariyanto menuturkan, sebelum seluruh badan kapal tenggelam, enam orang kru kapal bergegas mengambil tali untuk mengikat kapal ke pelabuhan.

Baca Juga:  RS Darurat Wisma Atlet Sudah Merawat 75 Pasien Covid-19

Setelah itu, anak buah kapal (ABK) dan nakhoda menyelamatkan diri.
“Enam orang kru kapal selamat,” sebut Ariyanto.

Dia menjelaskan, pada pukul 01.00 WIB dini hari tadi kapal siap dimuat. Muatan kapal, di antaranya ratusan dus mi instan, biskuit, telur, sayur, serta bahan bangunan dan sebagainya.

Kapal sembako tenggelam di Sungai Siak bermuatan sekitar 80 ton tersebut akan berangkat ke Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau pada subuh. Namun, kapal tersebut tenggelam ketika hendak berangkat.

Ratusan kardus mi instan dan biskuit yang hanyut di sungai diambil warga. Pagi itu warga ada yang pakai perahu mesin, sampan, hingga berenang ke tengah sungai mengambil mi instan dan biskuit.

Ariyanto memperkirakan lebih dari 1.000 orang yang turun ke sungai mengambil makanan yang hanyut dari dalam kapal tersebut.

“Warga sangat ramai ke sungai mengutip barang-barang yang hanyut. Enggak sempat dilarang lagi. Saya sempat larang, tapi enggak bisa. Akhirnya saya telepon polisi,” kata Ariyanto.

Baca Juga:  Detik-detik Bupati Karawang Batuk dan Sesak Nafas Saat Pelantikan Kades Sebelum Dinyatakan Positif Corona

Sekitar pukul 07.00 WIB, petugas kepolisian dan cost guard Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Pekanbaru datang untuk mengamankan lokasi kejadian.

Petugas meminta warga agar tidak menjarah barang-barang yang masih tersisa di dalam kapal. Akibat kejadian tersebut, Ariyanto memperkirakan kerugian yang ditimbulkan sekitar Rp 4 miliar.

Kapal itu saat ini dalam kondisi setengah tenggelam di pelabuhan rakyat H Bul, yang masih terdapat muatan. Petugas akan melakukan evakuasi siang ini.

Berikut ini video muatan kapal sembako tenggelam di Sungai Siak:

View this post on Instagram

Kapal Sembako Tenggelam, Ribuan Warga Ambil Indomie dan Biskuit yang Hanyut . Kapal layar motor (KLM) Putra Sejahtera yang mengangkut barang dan sembako tenggelam di Sungai Siak di kawasan pelabuhan rakyat H Bul di Kelurahan Pesisir, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (15/5/2020) pagi. Hampir seluruh muatan kapal hanyut di sungai. . Video tenggelamnya kapal dan muatan sembako yang tumpah menjadi viral di media sosial.  Menurut keterangan pemilik KLM Putra Sejahtera, Ariyanto, kapal ekspedisi antar pulau tersebut tenggelam karena oleng pada saat akan berangkat dari pelabuhan. . "Kejadiannya sekitar pukul 05.30 WIB. Kapal mau berangkat ke Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). Tapi pada saat mau belok kanan arah hilir, kapal tiba-tiba oleng dan tenggelam. Waktu itu arus deras karena Sungai Siak sedang surut," ucap Ariyanto saat diwawancarai Kompas.com di lokasi kejadian, Jumat. . Artikel : Kompas.com @eportal.id @bataviainfo . #pekanbaru #riau #kapaltenggelam #pekanbaruhits #riauterkini #tanjungbalaikarimun #kapalsembako #eportalid #bataviainfo

A post shared by Eportal.id (@eportal.id) on


(kompas.com)

Kunjungi Juga

Desa Sumber Kembar Resmi Menjadi Kampung Tangguh Covid-19

Desa Sumber Kembar Resmi Menjadi Kampung Tangguh Covid-19

eportal.id, Probolinggo – Launching Kampung Tangguh Covid-19 di Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, …

Koramil 0820/01 Kanigaran Laksanakan Karya Bhakti TNI Penanggulangan Bencana Sosial

Koramil 0820/01 Kanigaran Laksanakan Karya Bhakti TNI Penanggulangan Bencana Sosial

eportal.id, Probolinggo – Menjelang perubahan menuju kehidupan New Normal Koramil 0820/01 Kanigaran tak mau kecolongan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *