Kopolairud Baharkam Polri Tambah Armada Kapal dan Helikopter

Kopolairud Baharkam Polri Tambah Armada Kapal dan Helikopter
Kopolairud Baharkam Polri Tambah Armada Kapal dan Helikopter

Kopolairud Baharkam Polri Tambah Armada Kapal dan Helikopter

JakartaKopolairud Baharkam Polri meresmikan penambahan armada alutsista untuk patroli di perairan maupun di udara yang diselenggarakan di halaman Kopolairud Baharkam Polri. Senin (5/12/2022) pagi.

Bacaan Lainnya

Alutsista yang berupa kapal dan helikopter ini, guna memperkuat pertahanan di perairan maupun di udara.

Kapal 8005 type A2 dengan fasilitas cukup lengkap, terdapat helipad, persenjataan, ada juga sarana dan prasarana dalam mendukung pelaksanaan tugas baik preemtif dan preventif di laut maupun tugas penegakan hukum, selain itu jelajahnya pun bisa jauh dan bisa di laut lepas.

Sedangkan helikopter AW 169 ini merupakan bagian pengadaan helikopter AW yang sebelumnya, tahap terakhir menambah jumlah helikopter untuk meningkatkan operasional udara guna mendukung kepolisian.

Dalam sambutannya, Kepala Baharkam Polri, Komjen Pol. Arief Sulystianto menyampaikan tentang penggunaan alutsista dalam menjalankan tugas Polisi.

“Di dalam kegiatan ini saya perintahkan kepada seluruh jajaran Polairud terutama jajaran Baharkam untuk meningkatkan kinerjanya.

Karena tugas Baharkam adalah prefentif yang merupakan salah satu tugas utama yang harus dilakukan kepolisian dalam  pemeliharaan Kamtibmas.

Artinya pelaksanaan tugas preentif dan prefentif ini kalau bisa efektif maka masyarakat akan terayomi, kehidupan akan aman, dan semakin sedikit adanya gangguan kamtibmas.

Karena di hulunya kita sudah melakukan upaya prehentif dan pencegahan kejahatan. Dan ini jadi salah satu visi Kapolri agar bisa berikan perlindungan mengayomi masyarakat.

Akhirnya kalau langkah langkah penegakan hukum atau rehersif bisa dikurangi karena terjadinya, atau kejahatan bisa dikurangan dengan prehentif dan prefentif maka tidak akan terjadi friksi antara polisi dengan masyarakat.

Karena tindakan penangkapan, tindakan lainnya yang tentu ini menimbulkan ekses apabila tidak dilakukan profesional. Oleh karena itu tema yang diangkat adalah polairud profesional dan efektif dalam melaksanakan tugas mendukung pembangunan nasional.

Saya mohon doa restu mudah mudahan polairud dan jajaran Baharkam bisa menjalankan misi ini dan ini menjadi orientasi kami visi kami di tahun 2023. Untuk lebih mengefektifkan upaya pemeliharaan kamtibmas.

Pertama Helikopter AW 169 ini merupakan bagian pengadaan helikopter AW yang sebelumnya. Jadi ini tahap yang terakhir akan menambah jumlah helikopter untuk meningkatkan operasional udara, untuk mendukung Kepolisian.

Kemudian kapal 005 type A2 yang fasilitasnys tadi sudah saya tinjau, cukup lengkap. Ada helipet, persenjataan, ada sarana prasarana dalam mendukung pelaksanaan tugas baik tugas preentif dan prefentif dill lautan. Maupun tugas tugas penegakan hukum.

Ini saya jelajahnya bisa jauh, dan bisa di laut lepas. Sehingga bisa antisipasi bentuk kejahatan yang terjadi. Dan kami. Memiliki pesawat seperti ini ada dua unit. Satu Sanggeni satu Yudistira. Dan kapal yang lain dari yang sedang sampai yang kecil.

Kemudian kapal patroli lain yang cepat. Yang kami sebar di seluruh Polda dan Polres.”

Kini Kopolairud Baharkam Polri sudah memiliki 610 unit kapal yang terdiri dari 71 milik Mabes dengan beberapa kelas kapal polisi, di antaranya kelas A2 dan A3.

Kopolairud Baharkam Polri juga memiliki pesawat udara sebanyak 10 unit salah satunya pesawat terbang CN295 dan 61 unit helikopter, yang terbaru type AW 189 dan AW 169.

Berikut ini video Kopolairud Baharkam Polri tambah armada kapal dan helikopter:

(SGR)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *