Evakuasi Barang dari KMP Dharma Rucitra III di Pelabuhan Padangbai Dimulai
Evakuasi Barang dari KMP Dharma Rucitra III di Pelabuhan Padangbai Dimulai

Evakuasi Barang dari KMP Dharma Rucitra III di Pelabuhan Padangbai Dimulai

eportal.id, Karangasem – Evakuasi barang dari KMP Dharma Rucitra III yang kandas di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali dilanjutkan. Selasa (23/6/2020) pagi.

Sejumlah kendaraan yang terjebak di dalam lambung kapal mulai dikeluarkan untuk memudahkan evakuasi kapal.

Hal ini terlihat melalui unggahan video di media sosial Instagram oleh akun @infopelabuhanpadangbai yang menyertakan juga tiga buah foto.

Dalam video terlihat sebuah alat pengangkut berada di dermaga II lokasi kandasnya KMP Dharma Rucitra III. Alat tersebut kemudian mengangkat keluar mobil yang terjebak dalam lambung kapal.

Koordinator Tim Evakuasi KMP Dharma Rucitra III, Abdul Khalik menjelaskan, untuk hari ini target evakuasi barang sampai sore nanti sekitar 20 persen.

Menurut informasi, evakuasi muatan kapal nahas tersebut masih akan berlangsung hingga lima hari ke depan. Baik kendaraan roda dua, empat, serta kendaraan truk kecil, sedang, dan besar.

Setelah seluruh muatan kapal dikeluarkan, berikutnya dilanjutkan dengan evakuasi kapal dengan cara mengapungkan kapal dan dibawa ke tengah Selat Lombok.

“Kita targetkan 5 sampai 7 hari kedepan muatan di dalam kapal semua di evakuasi. Setelah itu baru kita atur proses evakuasi KMP Dharma Rucitra,” ungkap Abdul Khalik saat ditemui di Pelabuhan Padang Bai seperti dilansir Tribun-Bali.com.

Jumlah kendaraan yang berada di dalam kapal mencapai puluhan unit. Diantaranya yakni tronton sekitar 8 unit, truk besar 10 unit, truk sedang 3 unit, truk kecil 3 unit. Sedangkan kendaraan kecil 3 unit, sepeda motor 8 unit.

Sebelum mengeluarkan kendaraan, terlebih dahulu tim evakuasi mengeluarkan muatan lain yang ada di dalam kapal seperti puluhan ton jagung dalam karung.

Diketahui, KMP Dharma Rucitra III diduga mengalami kebocoran dan karam saat akan bersandar di Dermaga II Pelabuhan Padang Bai, Kec. Manggis, Jumat (12/6/2020) sekitar pukul 21.50 Wita.

Air laut masuk ke dalam kapal cukup banyak sehingga kapal miring ke kiri dan keseimbangan kapal ferry hilang.

Kapal kemudian mengalami kegagalan mesin sehingga lambung kapal sentuh dasar Dermaga II ketika hendak bersandar.

Berikut ini video evakuasi barang dari KMP Dharma Rucitra III di Pelabuhan Padangbai:

View this post on Instagram

EVAKUASI KENDARAAN YANG ADA DI DALAM KMP DHARMA RUCITRA III . Selasa (23/06/20), sedang berlangsung Kegiatan Evakuasi Kapal Dharma Rucitra III yang karam di dermaga 2 pelabuhan padangbai oleh Tim PT. Three G Diving dan Tim PT. Dharma Lautan Utama. Adapun kegiatan yang dilaksanakan hari ini sebagai berikut : 1). Evakuasi terhadap muatan yang ada di dalam truk yang dimuat oleh KMP. Dharma Rucitra III menggunakan Pukat/Jala yang dinaikan dengan mesin Shore Crane yang kemudian dibawa ke pinggir Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai. 2). Evakuasi terhadap kendaraan yang ada didalam KMP. Dharma Rucitra III mulai dari R2 dan R4 yang kemudian diangkat dan dibawa ketepian Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai menggunakan alat berat Shore Crane. 3). Penyemprotan Cairan Oil Spill Dispersant oleh Tim PT. Dermaga Lautan Utama untuk mengurai kandungan minyak disekitar Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai menggunakan alat penyemprot. Sementara kendaraan yang telah berhasil dievakuasi sebagai berikut : 1. R2 Honda PCX 2. R2 Yamaha Vega (P 4310 UI) 3. R4 Pikcup Grandmax (H 1897 WZ) . 📹 @infopelabuhanpadangbai @eportal.id @bataviainfo . #infopelabuhanpadangbai #pelabuhanpadangbai #kmpdharmarucitra #padangbai #karangasem #amlapura #eportalid #bataviainfo

A post shared by Eportal.id (@eportal.id) on

(rnd)

Kunjungi Juga

Isolasi 14 Hari, Semua Warga Serokadan yang Positif Corona Sembuh

Isolasi 14 Hari, Semua Warga Serokadan yang Positif Corona Sembuh

eportal.id, Bangli – Tak terasa 14 hari sudah sebanyak 2.640 warga Banjar Serokadan, Desa Abuan, …

KM Duta Malino Tujuan Probolinggo Mati Mesin di Perairan Sumbawa

KM Duta Malino Tujuan Probolinggo Mati Mesin di Perairan Sumbawa

eportal.id, Sumbawa – Sebuah kapal motor yang mengangkut kapas dan barang bekas mengalami insiden mati mesin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *