Viral Kemunculan Lumba-Lumba Pink, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kemunculan Lumba-Lumba Pink, Ini Penjelasan Ilmiahnya
Kemunculan Lumba-Lumba Pink

Kemunculan Lumba-Lumba Pink, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Jakarta – Lumba-lumba merupakan salah satu hewan laut yang pintar dan menggemaskan. Dia juga dikenal sebagai mamalia yang cukup mudah berinteraksi dengan manusia yang ada di dekatnya.

Baru-baru ini sebuah video yang merekam lumba-lumba berwarna merah mudah alias berwarna merah muda menampakkan diri di perairan, viral di media sosial.

Video itu dibagikan oleh akun Twitter @Buitengebieden pada Rabu (4/1/2023). “Pink dolphin ?,” tulis pemilik akun tersebut.

Dalam video berdurasi 16 detik tersebut, terlihat dua ekor lumba-lumba berwarna pink dan hitam terlihat muncul dan bermain-main di permukaan air.

Hingga Minggu (19/2/2023), unggahan video tersebut telah dilihat lebih dari 5,6 juta kali, disukai 103 ribu kali, dan dibagikan 15 ribu kali dan dikomentari oleh warganet sebanyak 1.127 ribu kali.

Sekar Mira yang merupakan peneliti mamalia laut di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) mengatakan, lumba-lumba pink itu bernama Sousa Chinensis.

Menurut dia, habitat mamalia lumba-lumba pink ini ada di pesisir laut yang kedalamannya cukup dangkal yaitu di coastel area dan neritic zone atau di daerah pesisir dengan kedalaman laut kurang dari 200 meter.

Sementara habibtat lumba-lumba distribusinya tersebar dari pesisir India hingga China.

“Nah, Sousa Chinensis ini warna pink-nya didapatkan seiring usianya bertambah. Jadi yang pink itu individu yang sudah cukup dewasa. Justru kalau masih kecil/anakan itu warnanya masih abu-abu kehitaman,” ujar dia seperti dikutip Kompas.com.

Sekar menjelaskan, ukuran lumba-lumba pink usia dewasa jantan dapat mencapai 3 meter, dan untuk betina akan lebih kecil.

Sousa Chinensis sangat rentan terhadap ancaman yang ada di pesisir, mulai dari alih guna lahan hingga pencemaran limbah.

Karena lumba-lumba mencari ikan untuk makan di daerah pesisir, di mana manusia sering buang limbah dan sampah juga ke situ.

Video kemunculan lumba-lumba yang cukup unik bagi masyarakat Indonesia ini diunggah ke media sosial Instagram oleh akun @exsotismentawai.

Dalam unggahannya pada Jumat (18/2/2023), akun tersebut memberikan keterangan “Lumba-lumba Pink muncul di perairan”.

Video ini pun langsung mendapat beragam komentar dari warganet. Salah satunya berharap kemunculan lumba-lumba pink ini sebagai pertanda rahmat.

Comment