Musim Hujan Monyet Ekor Panjang Khas Bromo Banyak Ditemui di Jalanan dan Pura Untuk Mencari Makan
Musim Hujan Monyet Ekor Panjang Khas Bromo Banyak Ditemui di Jalanan dan Pura Untuk Mencari Makan. (foto: risty)

Musim Hujan Monyet Ekor Panjang Khas Bromo Banyak Ditemui di Jalanan dan Pura Untuk Mencari Makan

eportal.id, Probolinggo – Sejak memasuki musim penghujan puluhan kera ekor panjang, banyak dijumpai disepanjang jalan menuju lereng Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo. Selain dipinggir jalan, kera ekor panjang juga banyak dijumpai bermain-main disekitar pura tempat persembahyangan Umat Hindu Suku Tengger.

Seperti di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura. Kawanan koloni kera ekor panjang, menampakkan diri dengan bermain-main di sekitar jalan desa, perbukitan dan areal pertanian warga.

Tidak hanya sekedar bermain-main, hewan bernama latin ‘macaca fascicularis’ tersebut, juga memakan sisa makanan ditumpukan sampah yang dibuang warga.

Salah seorang petani lereng Bromo, Marsono mengatakan, kawanan kera yang bermain disekitar pura untuk mencari makanan sesaji. Meski tidak mengganggu, namun kera tersebut terang Marsono, sering mencabut tanaman sayu-mayur seperti kentang bawang daun atau sayur kol.

Baca Juga:  Diyakini Bisa Tangkal Virus Corona, Stok Jahe Merah Mulai Menipis di Pasar Kota Probolinggo Karena Diburu Pembeli

“Kalau ke warga gak mengganggu, hanya saja kerap mencuri hasil pertanian kami. Seperti kubis, kentang dan bawang daun,”ungkapnya, Sabtu (01/2/2020). 

Sementara Kepala Seksi 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Sarmin menyampaikan, kawanan kera yang bermain-main di Pura, pertanian warga dan sekitarnya bertujuan mencari makan.

Dan hal itu sudah biasa terjadi, seiring ekosistem monyet di sekitar Bromo yang cukup baik. Data TNBTS ekosistem kera ekor panjang di sekitar Bromo, diperkirakan ada sekitar 50 ekor lebih khususnya di daerah Cemoro Lawang.

“Sejauh ini kondisinya cukup baik, dan jumlahnya cukup banyak. Mulai dari anakan hingga yang berusia dewasa, masih sering terpantau,” terangnya. (risty)

Kunjungi Juga

Hina Brimob Kacung China, AJ Ditangkap Polisi di Bogor

Hina Brimob Kacung China, AJ Ditangkap Polisi di Bogor

eportal.id, Bogor – Seorang pemuda berinisial AJ (24) mendadak viral di dunia maya. Hal ini …

Hibur Warga di Saat Pandemi Corona, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo Gelar Festival Keroncong Secara Virtual

eportal.id, Probolinggo – Hibur warga lanjut usia dan pemuda di malam Minggu, karena harus berada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *