Pasukan Pamor Keris Diresmikan Walikota Probolinggo Antisipasi Covid-19 dan Omicron

Probolinggo – Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin memimpin Apel Gelar Pasukan Pamor Keris “Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan di Masyarakat Wilayah Probolinggo Kota”, Senin (24/1/22), di halaman kantor Wali Kota Probolinggo Jalan Panglima Sudirman 19.

Wali Kota Habib Hadi yang didampingi Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono dan Kapolresta Probolinggo Wadi Sa’bani, dihadapan puluhan peserta apel mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan penguatan ikhtiar dalam rangka pencegahan terhadap penyebaran virus covid-19 khususnya varian omicron.

“Omicorn ini merupakan varian yang lebih massif tingkat penyebarannya dibanding varian sebelumnya,” katanya.

Oleh karena itu, ia menambahkan, pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di masyarakat merupakan keniscayaan yang harus dilakukan demi memutus rantai penyebaran covid-19.

Terkait Pamor Keris yang baru saja dilaunching, Habib Hadi menjelaskan, bertugas memastikan prokes betul-betul dilaksanakan dengan cara preemtif melalui sosialisasi, imbauan baik secara langsung di sentra publik maupun di media massa dan media sosial.

Baca Juga:  Penipuan Berkedok Sumbangan Panti Asuhan di Bulukumba, Polisi: Air Mata Buaya

“Pamor Keris itu terdiri dari tiga pilar, yang terdiri dari unsur Pemkot Probolinggo, TNI dalam hal ini Kodim 0820 dan Polri, Polresta Probolinggo,” jelasnya.

Tak hanya itu, tindakan preventif berupa patrol prokes yang selama ini sudah berjalan, harus lebih dioptimalkan melalui pengecekan barcode aplikasi peduli lindungi, yang wajib dipasang di tempat-tempat keramaian.

Juga, tindakan refresif atau yustisi harus dilakukan sesuai dengan perundangan yang berlaku, secara tegas dan terukur.

“Hal ini perlu dilakukan agar dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap suatu aturan yang telah diberlakukan,” tegasnya.

Pria nomor satu di Kota Seribu Taman itu menegaskan, pihaknya mendukung penuh kegiatan ini.

“Bersama TNI/Polri, kami siap mengendalikan angka penyebaran covid di Kota Probolinggo yang Alhamdulillah masih belum ada peningkatan signifikan. Semoga semuanya sehat, semua patuh dan Kota Probolinggo lebih baik,” tandasnya.

Baca Juga:  12 WNI di India Minta Dipulangkan Jokowi, Ini Komentar Warganet

Tak hanya di Kota Probolinggo, apel kesiapan pasukan bermotor “Pamor Keris” besutan Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya itu, dilaksanakan seluruh jajaran TNI/Polri di wilayah Jawa Timur secara serentak.

Sehingga tim Pamor Keris yang dibentuk saat ini akan melaksanakan kegiatan patrol bersama dalam rangka penegakan prokes dan cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh wilayah Jawa Timur, sesuai arahan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Penekanan kegiatan diantaranya pelaksanaan deteksi dini dan intervensi dini serta pemetaan kerawanan di masing-masing lokasi sehingga pelaksanaan patrol dapat tepat sasaran.

Selain itu, kegiatan preventif dan preemtif berupa giat edukasi pada masyarakat tentang pentingnya prokes, dengan cara yang humanis dan profesional dan menghindari tindakan arogan.

Baca Juga:  Bidan Puskesmas Jati Kota Probolinggo Meninggal Dunia Terpapar COVID- 19

Sedangkan tujuan pelaksanaan apel tadi adalah untuk mengetahui sejauah mana kesiapan personil maupun sumber daya pendukung lainnya yang terlibat dalam tim pamor keris ini.

Diharapkan pelaksanaan Pamor Keris dapat berjalan dengan lancar dan berhasil sesuai dengan tujuan sasaran yang telah ditetapkan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait pencegahan penyebaran covid-19.

Usai apel gelar pasukan, Wali Kota Habib Hadi bersama Kapolresta AKBP Wadi dan Dandim Letkol Arh Arip pun show of force, melepas puluhan pasukan Pamor Keris yang sudah disiagakan.***

Kunjungi Juga

Polres Probolinggo Masifkan Operasi Yustisi Jelang Libur Akhir Tahun

Polres Probolinggo Masifkan Operasi Yustisi Jelang Libur Akhir Tahun

Probolinggo – Jelang Libur Akhir Tahun 2021, Polres Probolinggo Polda Jawa Timur menggalakkan operasi yustisi. …

Walikota Beri Reward Atlet Taekwondo Kota Probolinggo Berprestasi

Walikota Beri Reward Atlet Taekwondo Kota Probolinggo Berprestasi

Probolinggo – Borong hadiah para atlet Cabor Taekwondo dari Kota Probolinggo, Wali Kota Probolinggo, Habib …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *