Pencipta Fitur Copy-Paste-Cut, Larry Tesler Meninggal Dunia

eportal.id, Jakarta – Larry Tesler, ilmuwan komputer yang terkenal karena menciptakan fitur Cut, Copy and Paste di komputer, dikabarkan telah meninggal dunia.

Pria yang pernah bekerja di Xerox PARC, Apple, Amazon, dan Yahoo! ini meninggal di usia 74 tahun.

Nama Tesler mungkin tidak setenar revolusioner lain di industri teknologi, tapi ciptaannya itu tidak diragukan lagi telah membantu jutaan orang di seluruh dunia.

Bayangin kalau tidak ada fitur yang mungkin terlihat sederhana tersebut. Bakal ribet kehidupan sehari-hari kita, apalagi di masa sekarang yang sudah sangat mengandalkan teknologi. Semua itu berkat Larry Tesler.

Larry Tesler lahir di Amerika dan menempuh kuliah di Universitas Stanford untuk belajar ilmu komputer, sebelum bergabung dengan Pusat Penelitian Palo Alto (PARC) Xerox pada tahun 1973.

Di sana, ia menciptakan Crtl+C dan Crtl+V, meskipun mungkin terlalu awal untuk membuat shortcut keyboard tersebut.

Fitur Copy-Cut-Paste di komputer diciptakan Larry Tesler
Fitur Copy-Cut-Paste di komputer diciptakan Larry Tesler

Menurut Gizmodo, Larry, bersama dengan Tim Mott, membantu mengembangkan ‘antarmuka grafis berbasis mouse’ bernama Gypsy, yang merupakan versi pertama dari layout komputer yang kita kenal sekarang.

Gypsy digambarkan sebagai ‘antarmuka klik dan ketik di mana pengguna dapat, kapan saja, memasukkan teks pada titik penyisipan saat ini, atau klik di mana posisi titik penyisipan harus direposisi’. Kedengarannya memang biasa saja dan sepele, tapi perlu diingat bahwa ini terjadi pada beberapa dekade yang lalu.

Setelah muncul dengan teknologi terobosan itu, ia bekerja di Apple dari tahun 1980 hingga 1997, di mana ia pernah punya beberapa jabatan seperti Wakil Presiden AppleNet dan Kepala Ilmuwan Apple.

Kita mungkin sering menganggap sepele berbagai teknologi yang sudah ada di masa sekarang. Namun, di belakang itu, ada orang-orang jenius seperti Larry Tesler yang perlu kita apresiasi.

RIP Larry Tesler. (grid.id)

Kunjungi Juga

Bendera Merah Putih Robek dan Lusuh, Danramil Amuk Kepala Desa. (ilustrasi istimewa)

Heboh, Empat Ibu Gunting Bendera Merah Putih di Sumedang

eportal.id, Sumedang – Video aksi empat ibu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, merusak bendera Merah …

Ultah ke 42 FKPPI Probolinggo Bagikan Sembako Ke Kaum Dhuafa Dan Abang Becak

Probolinggo – Di Ultahnya ke 42 tahun, Forum Komunikasi Putra-Putri TNI/Polri (FKPPI) Probolinggo, bagikan 300 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *