Penjelasan Jokowi Terkait Dua Orang Indonesia Positif Corona

eportal.id, Jakarta– Setelah sempat dinyatakan nihil, kini ditemukan dua orang di Indonesia dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto angkat bicara.

Dua orang tersebut diduga berinteraksi dengan WNI Jepang yang sempat masuk ke Indonesia.

Berikut ini poin-poin penjelasan Presiden Jokowi dan Menkes Terawan:

Presiden Jokowi mengonfirmasi dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona. Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia.

“Ternyata orang (WN Jepang, red) yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3/2020).

Belum ada penjelasan soal lokasi tepatnya kedua orang Indonesia yang terjangkit virus Corona ini. Jokowi hanya mengonfirmasi bahwa mereka sudah dirawat di rumah sakit.

“Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan dua korban, ibu dan anak, yang positif Corona tersebut berada di rumah sakit.

“Ibu itu di Indonesia. Sudah di rumah sakit. Saya sampaikan bahwa yang (WN) Jepang bertemu dengan anaknya ibu yang umur 31 tahun dan ibunya 64 tahun itu ada di Indonesia,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Meski begitu, Jokowi mengklaim Indonesia sudah mempersiapkan antisipasi dari jauh hari untuk mencegah masuknya virus ini.

“Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik. Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional,” katanya.

Ini pertama kalinya Indonesia memiliki kasus virus Corona. Sebelumnya, pemerintah menegaskan Indonesia masih nihil kasus Corona.

“Kita juga miliki reagen yang cukup. Kita juga miliki tim gabungan TNI Polri sipil dalam penanganan ini. Kita juga miliki SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada. Kita juga miliki anggaran dan sudah diprioritaskan. Karena kalau tidak serius, ini sangat berbahaya karena penyakit ini perlu kita waspadai,” ujar Jokowi.

Dua orang ini terlacak positif terkena virus Corona setelah adanya pelacakan terhadap pergerakan warga Jepang.

“Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif Corona, tim dari Indonesia langsung telusuri,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3/2020).

Jokowi menyatakan tim yang melakukan pengecekan terhadap WN Jepang tersebut kemudian mendapati siapa saja yang ditemui oleh warga negara Jepang ini. Dari situ ditemukan dua orang, dengan hubungan ibu dan anak, dinyatakan positif Corona.

ÔÇťOrang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi.

(detikcom)

Kunjungi Juga

Akhirnya Tujuh Pelaku Adzan Hayya Alal Jihad Asal Majalengka Minta Maaf

Akhirnya Tujuh Pelaku Adzan Hayya Alal Jihad Asal Majalengka Minta Maaf

eportal.id, Majalengka – Pemerintah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat langsung bergerak cepat menyikapi viralnya salah satu …

Hari Ini 2 Pasien COVID- 19 Di Kota Probolinggo Meninggal Dunia

Probolinggo – Semakin menganasnya penyebaran COVID- 19 di Kota Probolinggo, membuat pasien COVID- 19, yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *