Proses evakuasi pesawat MAF dan pilot yang jatuh di Danau Sentani, Jayapura. (foto: Dok. Polda Papua)
Proses evakuasi pesawat MAF dan pilot yang jatuh di Danau Sentani, Jayapura. (foto: Dok. Polda Papua)

Pesawat Jatuh di Danau Sentani, Begini Kronologi dan Evakuasi Jenazah Pilot

eportal.id, Jayapura Pesawat Cesna pengangkut logistik milik Mission Aviation Fellowship (MAF) jatuh di Danau Sentani, Jayapura, Papua, setelah 2 menit take off. Jenazah pilot wanita WN Amerika Serikat bernama Joyce Chaisin Lin (40). Begini kronologinya.

“Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban ke RS Bhayangkara untuk dilakukan tindakan medis. Sementara itu untuk badan pesawat talah berhasil dievakuasi dari dasar danau,” kata Kabid Humas Polda Papua kombes Ahmad Musthofa kamal dalam keterangannya, Selasa (12/5/2020).

Berdasarkan keterangan saksi yang melihat sekitar pukul 06.29 WIT, kata Kamal, pesawat MAF PK-MEC yang saat itu terbang melewati Danau, meledak di atas ketinggian. Pesawat lalu jatuh di tengah-tengah danau, di atas permukaan air dan tenggelam.

“Adapun dalam kecelakaan penerbangan ini tidak berdampak terhadap arus penerbangan di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura. Penerbangan ini merupakan penerbangan dukungan logistik dan tidak berpenumpang,” ujarnya.

Baca Juga:  Kecelakaan Kapal Speedboat di Muara Karang Banyuasin

Berikut kronologi pesawat jatuh di Danau Sentani hingga pilot dievakuasi:

Pukul 06.27 WIT
Pesawat jenis kodiak K-100 PK-MEC milik MAF take off dari Bandara Sentani tujuan Distrik Mamid Kabupaten Tolikara.

Pukul 06.29 WIT
Pilot memanggil tower “Mayday” dan meminta RBT (mendarat darurat), selanjutnya petugas tower memanggil namun tidak ada jawaban dari pilot. Pesawat hilang kontak.

Pukul 06.35 WIT
Polsek Kawasan Bandara Sentani mendapat informasi dari masyarakat yang di TKP, langsung bergerak menuju TKP lokasi jatuhnya pesawat, tepat di tengah-tengah danau antara Kampung Yoboi dan Kamyagha. Tim dipimpin Aiptu Pit Suhartono beserta anggota.

Pukul 06.50 WIT
Aipda Pit Suhartono beserta Anggota tiba di Dermaga Yahim dan langsung bergerak menuju TKP jatuhnya pesawat dengan menggunakan speed boat milik Pol Airud Polda Papua.

Pukul 07.15 WIT
Aipda Pit Suhartono dan Bripka Alfian tiba di TKP jatuhnya pesawat dan mendapati masyarakat sedang membantu proses evakuasi korban yaitu pilot dari pesawat AMA yang jatuh.

Baca Juga:  Desa Sumber Kembar Resmi Menjadi Kampung Tangguh Covid-19

Pukul 07.47 WIT
Kapolres Jayapura AKBP Victor D Mackbon tiba di TKP dan memimpin proses evakuasi korban pilot. Disusul Kepala Basarnas Jayapura Zainul Thahar dan GM PT Angkasapura 1 Bandara Sentani Antonius Widya P tiba di TKP untuk memantau proses evakuasi korban.

Pukul 08.14 WIT
Tim SAR Penyelam dari AURI, Peltu Absent Tinus Simbiring dan Sertu Elisa Womsiwor, tiba di TKP jatuhnya pesawat untuk mengevakuasi jenazah pilot MAF, Joyce Chaisin Lin (40), yang masih terperangkap di dalam badan pesawat. Pukul 08.15 WIT, tim penyelam melaksanakan penyelaman ke dasar Danau untuk mengevakuasi jenazah pilot.

Pukul 08.29 WIT
Jenazah Pilot Joyce Lin berhasil dievakuasi dari dalam badan pesawat dan dibawa ke permukaan air dan dinaikkan ke perahu yang telah disiapkan untuk mengevakuasi jenazah.

Baca Juga:  Kenali Gejala dan Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Pukul 08.35 WIT
Jenazah Pilot Capt Joyce Lin dibawa ke Dermaga Yahim untuk dievakuasi ke RS Bhayangkara, guna penanganan lebih lanjut.


(detikcom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *