Peternak Probolinggo Buat Ramuan Obat PMK, Sehari Diobati Sapi Sembuh dari PMK

Peternak Probolinggo Buat Ramuan Obat PMK, Sehari Diobati Sapi Sembuh dari PMK
Peternak Probolinggo Buat Ramuan Obat PMK, Sehari Diobati Sapi Sembuh dari PMK

Probolinggo – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi, jelas membuat para peternak diselimuti keresahan, betapa tidak, hanya dalam hitungan hari jika terlambat penanganan sapi yang terjangkit PMK akan mati. Senin (20/6/2022).

Di Kabupaten Probolinggo, merupakan daerah terbanyak wabah penyakit mulut dan kuku dengan jumlah mencapai 9 ribu lebih kasus PMK.

Bacaan Lainnya

Dengan kondisi ini membuat peternak selalu diselimuti keresahan, bayangkan setiap hari jumlah kasus wabah PMK terus bertambah dan ada saja sapi mati akibat wabah PMK.

Berbagai upaya dilalui, seperti yang dilakukan Buasyim Mulyo (47), warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo yang membuat ramuan obat PMK.

Berasal dari racikan warisan leluhur, bapak 2 anak ini rutin meminumkan ramuan rempah campuran kunyit dan temulawak ditambah gula ke sapi yang terjangkit PMK.

Cara meraciknya cukup sederhana, yakni dengan cara menumbuk kunyi dan temulawak, dengan perbandingan setengah kilogram kunyit dicampur setengah kilogram temu lawak.

Selanjutnya racikan yang sudah ditumbuk direbus selama 30 menit, sampai benar-benar mendidih. Setelah dingin, baru diminumkan 3 kali sehari, sampai sapi benar-benar sehat dan kembali suka makan.

Kunyit sendiri mengandung zat kurkumin hingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati radang, mengatasi perut kembung hingga menangkal bakteri jahat.

Sedangkan temulawak berkhasiat memperkuat imunitas, mencegah infeksi, hingga mengatasi pencernaan. Rutin meminumkan ramuan ini ditambah gula, sapi yang terjangkit PMK akan sembuh secara berlahan.

Buasyim Mulyo, dari 6 sapi yang dia miliki, 4 ekor diantaranya terjangkit PMK, dengan ciri tidak mau makan, mulut terus mengeluarkan liur hingga malas berdiri, tidak mau mengambil resiko dia rutin meminumkan ramuan herbal ini ke semua sapi miliknya.

“2 sapi masing-masing jenis limosin berusia 3 tahun dan cimental 2 tahun yang ia pelihara sempat mengalami gejala PMK. gejalanya, terus mengeluarkan liur berlebih serta nafsu makan turun, takaran ramuan 1 kilogram temulawak, 1 kilogran kunyit, serta tiga sendok makan, takaran segitu cukup untuk stok tiga hari, biaya membeli bahan Rp 20.000 perlahan 2 sapi yang bergejala PMK pulih, sehari sudah tampak peningkatan kesehatannya, pulihnya sapi karena penanganannya dilakukan sejak dini, atau sebelum penyakit semakin parah menyerang, seluruh sapi yang saya piara hingga kini saya berikan ramuan itu sebagai langkah pencegahan” ujar Buasyim, saat dikonfirmasi.

Mungkin cara membuat ramuan obat PMK untuk mencegah dan mengobati yang dilakukan Buasyim ini bisa ditiru, obat murah meriah cukup merogoh kocek Rp 20.000 setiap membeli bahan rempah – rempah buat ramuan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *