Pilot pesawat tempur F-16 Fighting Falcon asal Muna, Lettu Pnb Muhammad Fachry Nosar.
Pilot pesawat tempur F-16 Fighting Falcon asal Muna, Lettu Pnb Muhammad Fachry Nosar. Foto: Istimewa. (17/8/2021).

Pilot Jet Tempur asal Sultra Manuver di Langit Jakarta saat HUT RI

eportal.id, Kendari – Sebanyak delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara (AU) ikut memeriahkan perayaan HUT ke-76 RI dengan terbang dan membentuk formasi arrow head di langit Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Pertunjukan formasi pesawat tempur tersebut dilakukan setelah detik-detik pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka di Istana Merdeka Jakarta. Dari total delapan pesawat F-16 yang bermanuver, terdapat satu pilot asal Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang ikut menerbangkan pesawat pada kesempatan itu.

Dia adalah Lettu Pnb Muhammad Fachry Nosar, anggota TNI AU yang tergabung pada Skuadron Udara (Skadud) 3 Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur (Jatim) sejak tahun 2015 lalu. “Setelah penaikan bendera, kami bermanuver dengan formasi arrow head di ketinggian 1000 kaki di atas Istana Merdeka,” ujar Fachry saat dilansir kendariinfo.com.

Baca Juga:  Pakar Gesture: Jokowi Ingin Menangis Saat Umumkan Larangan Mudik

Fachry mengatakan, sebelum bermanuver, ia bersama tim melakukan latihan sejak 9 Agustus 2021 di Lanud Iswahjudi, Madiun. Lalu kembali melakukan gladi di Langit Jakarta.

“Kita laksanakan latihan terlebih dahulu baik itu di Iswahjudi (Madiun) maupun gladi di Jakarta juga,” katanya. Pada 17 Agustus 2021, penerbangan yang dipimpin Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto itu lepas landas dari Madiun ke Jakarta dalam waktu dua jam. “Penerbangannya dipimpin Flight Leader Garuda sendiri. Kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skadron 3,” tuturny.

Fachry yang tergabung dalam Tim Garuda Flight merasa bangga saat mendapat kesempatan bermauver untuk memeriahkan HUT ke-76 RI. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi kebanggaan keluarga hingga masyarakat di Sultra.

Baca Juga:  Ikan Arapaima Sungai Amazon yang Mati di Batam Dikafani Sebelum Dikuburkan

“Jujur saya sangat senang dan bangga bisa terlibat langsung pada anggota Garuda Flight di kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Apalagi ini yang pertama kali saya ikuti,” pungkasnya.(Hasbir/kendariinfo)

Kunjungi Juga

Ratusan Pemulung dan Tuna Wisma Divaksin Di TPA Oleh Anggota Satlantas Polres Probolinggo Kota

Probolinggo – Ratusan pemulung, tuna wisma dan warga sekitar TPA (Tempat Pembuangan Akhir), dilakukan vaksin …

Antisipasi Tindak Pidana Korupsi Pemkot Probolinggo Bersama KPK Gelar Rapat Koordinasi Monitoring Dan Evaluasi

Probolinggo – Antisipasi melanggar tindak pidana korupsi dan grativiikasi Pemerintah Kota Probolinggo bersama Komisi Pemberantasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *