Pimpin Apel Kesiapsiagaan Karhutla, Kapolda Kalbar Minta Semua Perusahaan Miliki Persiapan Seperti PT. MAR

Kubu Raya – Minimnya intensitas curah hujan yang terjadi di Kalbar dalam beberapa hari terakhir dan dengan kondisi alam yang sudah memasuki musim kemarau.

Tentunya wilayah Kalbar sangat rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sering terjadi setiap memasuki musim panas.

“Tentunya dengan kondisi alam saat ini, diperlukan antisipasi dan langkah cepat dalam menghadapi musim kemarau yang bisa menimbulkan kebakaran lahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja”, kata Kapolda dalam arahan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla di perusahaan perkebunan sawit PT. Mitra Aneka Rezeki (MAR) Desa Sungai Deras Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya, Senin (24/1/2022) pagi.

Kapolda menambahkan, berdasarkan data yang ada, mayoritas terjadinya kebakaran hutan dan lahan dikarenakan adanya unsur kesengajaan.

Baca Juga:  Pria Gangguan Jiwa Masuk Kabin Pesawat Citilink di Lampung

“Apa yang digagas PT. MAR ini bisa diikuti seluruh perusahaan di Kabupaten Kubu Raya khususnya dan di Kalbar umumnya. Berdasarkan hasil pengamatan yang kami dapatkan, PT. MAR telah memiliki beberapa persiapan-persiapan di antaranya pemadam kebakaran, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan lain sebagainya”, ujar Kapolda.

 

Terkait digelarnya Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla di PT MAR, Kapolda menjelaskan, dari sejumlah perusahaan yang ada di Kalbar, PT. MAR merupakan perusahaan perkebunan yang sudah menyatakan kesiapannya untuk digelar Apel Kesiapsiagaan ini.

“Tentunya kita juga meminta, kepada semua perusahaan perkebunan di wilayah Kalbar agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi musibah Karhutla seperti apa yang telah disiapkan PT. MAR saat ini”, jelas Kapolda.

Baca Juga:  Penipuan Berkedok Sumbangan Panti Asuhan di Bulukumba, Polisi: Air Mata Buaya

Kapolda menuturkan, apa yang telah disiapkan PT. MAR ini tidak hanya diperuntukkan untuk perusahaan saja, melainkan bisa juga digunakan untuk masyarakat yang berada di wilayah perusahaan.

“Adapun hal-hal lain yang sudah ditentukan pemerintah, setiap perusahaan harus mempersiapkan umbung, drainase dan lain sebagainya serta melakukan pemantauan deteksi dini penanggulangan karhutla di kawasan perusahan”, tuturnya.

Setelah memimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla Kapolda Kalbar meninjau kesiapsiagaan pasukan dan kendaraan dari masing-masing Bhabinkamtibmas di Polsek Pontianak Selatan Kota Pontianak, Polsek Teluk Pakedai, Kubu dan Polsek Polsek Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya, Babinsa, Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, SAR, SPORC, dan MPA.

Baca Juga:  Koalisi Keamanan Lingkungan di Pos Lintas Batas Desa

Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla yang diikuti Pejabat Utama (PJU) di jajaran Polda Kalbar, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Ketua DPRD Kubu Raya Agus Sudarmansyah dan PJU dijajaran Polres Kubu Raya ini juga dilakukan penanaman pohon di kawasan PT. MAR. 

Source: https://rri.co.id/

 

Kunjungi Juga

Duka Anggota Satlantas Polres Probolinggo Kota Saat Pam Lebaran 2022

Probolinggo – Suka duka anggota polisi berdinas saat arus mudik dan arus balik Hari Raya …

288 Napi Lapas Kelas 2B Probolinggo Dapat Remisi Lebaran, 6 Napi Bebas Murni

Probolinggo – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2B Probolinggo, berikan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *