Pria Ini Mengaku Ketua Anarko Sindikalis, Warganet Malah Tertawa. (ilustrasi istimewa)
Pria Ini Mengaku Ketua Anarko Sindikalis, Warganet Malah Tertawa. (ilustrasi istimewa)

Pria Ini Mengaku Ketua Anarko Sindikalis, Warganet Malah Tertawa

eportal.id, Tangerang – Aksi vandalisme yang marak di tengah wabah corona belakangan ini ramai menggugah publik, terutama di Kota Tangerang, Banten.

Terlebih setelah menyeret nama kelompok anarko sindikalis seusai ditemukan coretan-coretan bernada protes atas kebijakan pemerintah.

Tak lama, aparat kepolisian meringkus lima orang pemuda yang dinilai telah menyebar kebencian dan meresahkan warga di tengah pandemi virus corona covid-19. Para pelaku diklaim sebagai anggota anarko sindikalis.

Tak berselang lama, beredar sebuah video seorang pemuda bertato huruf A di dada yang mengaku sebagai ketua Anarko Sindikalis Indonesia.

Dalam video berdurasi 1 menit 29 detik yang diunggah di media sosial Twitter itu, pemuda itu mengaku bernama Pius.

Baca Juga:  Pasien Positif Corona di Mataram Pergi Tarawih Berjamaah, Tak Mau Diisolasi

“Saya adalah A1, saya ketua Anarko Sindikalis Indonesia dengan tujuan tatanan dunia baru tanpa pemerintah,” ungkapnya dalam video tersebut, Selasa (14/4/2020).

Pius lalu menyebutkan sejumlah nama yang memegang jabatan penting dalam kelompok Anarko Sindikalis Indonesia, beserta dengan tugas masing-masing. Mulai dari pejabat A2, A3 hingga A4.

“Saya punya A2 bernama Johan yang bertugas dalam pencarian dana. Saya punya A3 Andreas yang bertugas sebagai koordinator lapangan dan A4 Sia yang bertugas sebagai pemberi doktrin,” tambahnya.

Video pengakuan Pius tersebut ramai dibagikan ulang oleh warganet lainnya seperti akun @fullmooonfolks. Namun tak sedikit dari warganet yang justru meragukan pengakuan Pius.

Terlebih diketahui, Anarko Sindikalis disebut-sebut bukan merupakan sebuah organisasi dan berstrata.

Baca Juga:  Pria Mengaku Ketua Anarko Sindikalis Ternyata Maling Helm Milik Polantas

“Sejak kapan anarko ada ketua-ketuaan,”kata @caturisme.

@PikyHerdiansyah yang menulis, “Woi ngakak, ini negara niat banget sampai ngelantik ketua anarko pertama dalam sejarah, cuma di Indonesia anarko punya ketua”
“Ketua anarko sindikali swkakwkakwk, sejak kapan anarko itu ada ketua, orang di dalemnya aja anon semua,”celoteh @jalmaan_kuda.

Anarko-Sindikalismeadalah cabang dari anarkisme yang berkonsentrasi kepada pergerakan buruh. Sindikalis merupakan kata Perancis yang bermakna “serikat buruh”.

Para penganut ideologi ini disebut dengan Anarko Sindikalis. Anarko Sindikalis berpendapat bahwa serikat buruh merupakan kekuatan yang potensial untuk menuju kepada revolusi sosial, menggantikan kapitalisme dan negara dengan tatanan masyarakat baru yang mandiri dan demokratis oleh kelas pekerja.

Baca Juga:  Sumpahi Ibunya Mati dan Disebar ke Media Sosial, Warganet: Sadar Bro

Anarko Sindikalis memandang serikat buruh berpotensi sebagai kekuatan revolusioner untuk perubahan sosial, mengganti sistem kapitalisme dan negara dengan sebuah masyarakat baru yang dikelola secara demokratis oleh kaum pekerja.

Kelompok ini berupaya menghapuskan sistem kerja-upah dan negara atau kepemilikan pribadi terhadap alat produksi, yang menurut mereka menuntun pada pembagian kelas.

Anarko Sindikalis merupakan aliran gerakan anarkis yang populer dan aktif hingga hari ini. Gerakan ini memiliki pendukung yang cukup banyak di dunia dengan berbagai organisasinya di berbagai belahan dunia.

(rnd)

Kunjungi Juga

Merasa Ditipu, Owner Cantik Arisan Online Dilaporkan Ibu-ibu Anggotanya ke SPKT Polres Probolinggo Kota

Merasa Ditipu, Owner Cantik Arisan Online Dilaporkan Ibu-ibu Anggotanya ke SPKT Polres Probolinggo Kota

eportal.id, Probolinggo – Merasa ditipu arisan via online oleh wanita berparas cantik, ibu-ibu di Kota …

2 Pencuri Burung Bernama Buldoser Sang Juara, Ditangkap Tim Buser Satreskrim Polres Probolinggo Kota

eportal.id, Probolinggo – Dua saudara pencuri burung bernama Buldoser sang juara, bernilai jutaan rupiah, berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *