Ratusan Pekerja Seni Karawang Geruduk Pemkab, Minta Izin Keramaian Dibuka
Ratusan Pekerja Seni Karawang Geruduk Pemkab, Minta Izin Keramaian Dibuka

Ratusan Pekerja Seni Karawang Geruduk Pemkab, Minta Izin Keramaian Dibuka

eportal.id, Karawang – Ratusan pekerja seni dan penyelanggara hajatan yang tergabung dalam Forum Solidaritas Pekerja Seni Karawang (FSPSK) berunjuk rasa ke komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020).

Mereka meminta agar pemerintah membuka kembali izin keramaian atau hajatan sepanjang memenuhi ketentuan sesuai protokol kesehatan covid-19 yang berlaku.

“Sejak pandemi Covid-19 melanda Karawang dan Pemkab setempat menerapkan PSBB, praktis kami tidak mendapatkan order manggung di acara hajatan. Mata pencaharian kami pun madeg dan kami tidak punya penghasilan,” ujar Sekretaris FSPSK, Lalan Suherlan, di tengah kerumunan pengunjuk rasa seperti dilansir pikiran-rakyat.com.

Menurutnya, sudah lebih tiga bulan mereka hidup dalam kondisi kekurangan. Bahkan ada sejumlah pelaku seni terpaksa menjual alat seninya untuk menyambung hidup.

Keprihatinan mereka bertambah saat mengetahui Pemkab Karawang memperpanjang masa PSBB hingga 26 Juni 2020. Hal tersebut dipastikan bakal lebih menyulitkan kehidupan para pekerja seni.

Apalagi, ditambahkan Lalan, selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, tidak ada subsidi khusus bagi para pekerja seni, sehingga hidup mereka semakin terpuruk.

Para pekerja seni itu, membawa sejumlah spanduk yang meminta agar bisa dilaksanakan kegiatan keramaian khususnya hajatan baik perkawinan maupun khitanan.

“Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi banyak aspek, tak terkecuali dalam bidang seni, ada di dalamnya seni pertunjukan dan hiburan serta para pendukungnya. Sedikitnya ratusan acara seni ditunda bahkan dibatalkan sejak diberlakukannya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kabupaten Karawang dan tentunya di banyak wilayah lainnya, membuat banyak pekerja seni kehilangan mata pencaharian,” ujar Ketua Koordinator Aksi, Budi Setiawan seperti dilansir pasundaekspres.co.

Gerakan berbentuk Parade Gelar Budaya dengan tema “Parade Solidaritas Pekerja Seni Karawang menuju dahar deui di nu hajatan” mengandung makna bahwa hajatan adalah ladang untuk menafkahi diri sendiri dan keluarga.

Dengan adanya aksi pekerja seni Karawang geruduk Pemkab, mereka berharap izin keramaian segera dikeluarkan agar mereka bisa terus bekerja mencari nafkah.

Baca Juga:  Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Terus digalakkan

Berikut ini video ratusan pekerja seni Karawang geruduk Pemkab, minta izin keramaian dibuka:

(rnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *