Sambut Tahun Baru, Warga Banyumas Beramai-ramai Buat Terompet Tradisional

Sambut Tahun Baru, Warga Banyumas Beramai-ramai Buat Terompet Tradisional
Sambut Tahun Baru, Warga Banyumas Beramai-ramai Buat Terompet Tradisional

Sambut Tahun Baru, Warga Banyumas Beramai-ramai Buat Terompet Tradisional

Banyumas – Tahun baru identik dengan terompet untuk merayakan pergantian tahun. Di banyumas, warga beramai ramai membuat terompet tradisional yang terbuat dari daun kelapa muda. Hasilnya tak kalah menariknya dengan terompet yang umumnya dijual.

Bacaan Lainnya

Seperti inilah cara membuat terompet daun kelapa muda atau janur kuning ala warga desa banjaranyar kecamatan pekuncen banyumas pada kamis (29/12/2022).

Bahan pembuatan terompet tradisional yakni sedotan serta daun kelapa muda atau janur kuning. Terompet ini biasa mereka sebut dengan tuturutu.

Proses pembuatan terompet sangatlah mudah. sedotan dipotong dengan ukuran 5 centimeter, daun kelapa muda dililit pada sedotan. untuk menghasilkan suara yang diinginkan, satu terompet dibutuhkan 15 sampai 20 daun kelapa muda yang di lilitkan.

Dengan ketekunan dan kesabaran, terompet atau tuturutu pun jadi. setelah terompet jadi terompet dibunyikan terlebihdahulu.
Apabila suara kurang besar lilitan atau gulungan daun kelapa muda ditambah. Semakin banyak gulungan daun kelapa muda, semakin bagus suara yang dihasilkan.

Pembuat terompet Tradisional Bidara zoya mahasmara mengaku, “saya membuat terompet awalnya sulit akhirnya mudah dan bisa membuat. saya suka sekali terompet tradisional. terompet dibunyikan pada pergantian tahun baru.ini sebagai hadiah orang tua.”

Selain orang tua anak anak juga menyaksikan dan belajar membuat terompet. Salah satunya bidara zoya mahasmara siswa kelas tiga sekolah dasar, merayakan pergantian tahun menurutnya tak harus membeli terompet yang dijual dipinggiran jalan dengan harga mahal.

Sirinya dan teman temanya cukup membuat terompet tradisional. suaranya tak kalah dengan yang dijual dipinggiran jalan.

Kepala Desa Banjaranyar Robi mwnjelaskan, Pertama membuat terompet tradisional karena hemat dan murah anak anak tdk harus kemana kemana dan memanfaatkan bahan yg ada di sekitar mereka sangat bahagia dan nantinya untuk hadiah di malam tahun baru.

Robi menambahkan, Terompet atau tuturutu ini di buat sebagai hadiah anak atau cucunya pergantian tahun. Selain murah, bahan baku terompet tak harus dibeli dan bisa didapat disekitar rumah. Meski dengan membuat terompet tradisional tujuanya anak senang.

Hal ini menjadi pilihan, selain hemat biaya, membuat terompet tradisional mengasah kreatifitas anak. kegiatan ini menjadi tradisi masyarakat banyumas menjelang merayakan pergantian tahun.

Berikut ini video sambut Tahun Baru, warga Banyumas beramai-ramai buat terompet tradisional :

(Kus)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *