Sering Sengat Warga dan Pengguna Jalan, Sarang Tawon Dimusnahkan Tim Damkar Kota Probolinggo
Sering Sengat Warga dan Pengguna Jalan, Sarang Tawon Dimusnahkan Tim Damkar Kota Probolinggo

Sering Sengat Warga dan Pengguna Jalan, Sarang Tawon Dimusnahkan Tim Damkar Kota Probolinggo

eportal.id, Probolinggo – Teror Tawon Ndas sering menyengat warga dan pengguna jalan yang sedang melintas, akhirnya oleh sarang tawon dimusnahkan tim Damkar Pemerintah Kota Probolinggo, Selasa (23/6/2020).

Sarang tawon berukuran sebesar bola voli ini berada di atas pohon mangga, tepatnya di jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Sarang tawon berhasil dievakuasi oleh tim anti hewan buas dan berbisa Pemkot Probolinggo, meski lokasi sarang tawon yang memiliki nama latin Vespa Affinis ini agak sulit dijangkau.

Proses evakuasi membutuhkan waktu relatif lama ditambah ukuran sarang cukup besar membuat petugas kesulitan memasukkan sarang Tawon Ndas ke sak bekas tempat beras.

Baca Juga:  Wakil Jaksa Agung Tewas dalam Insiden Mobil Terbakar di Tol Cibubur
Sering Sengat Warga dan Pengguna Jalan, Sarang Tawon Dimusnahkan Tim Damkar Kota Probolinggo

 

Hal ini membuat beberapa ekor Tawon Ndas keluar dan menyerang 2 petugas Damkar.

Kedua petugas Damkar merasakan kesakitan setelah disengat di bagian tangan dan leher. Agar bisa tawon tidak membuat demam, kedua petugas langsung diobati dan dioles minyak anti bisa.

Menurut Ahmad Rofik, pemilik bengkel yang laporkan adanya sarang Tawon Ndas ke Call Center 112, di tempat tersebut sering tawon jatuh dari sarangnya dan langsung menyerang dirinya dan warga saat memperbaiki sepeda angin di bengkel miliknya, dan juga pengguna jalan.

“Banyaknya warga dan pengguna jalan di sengat oleh Tawon Ndas, akhirnya keberadaan sarang tawon yang memiliki bisa mematikan ini saya laporkan ke call center 112, dan akhirnya warga lega saat melintas di jalan ini, setelah sarang tawon sudah dimusnahkan”, ujar Rofik saat dikonfirmasi.

Baca Juga:  Ketua RT Tolak Jenazah Perawat Positif Corona di Semarang Meminta Maaf

Andullah, Kepala Damkar Pemkot Probolinggo menuturkan ada laporan dari warga terkait adanya teror Tawon Ndas dan sarangnya di atas pohon mangga.

“Adanya laporan warga ada sarang Tawon Ndas dan sering menyengat, kita cek lokasi ternyata benar, langsung kita lakukan evakuasi, meski butuh waktu agak lama karena lokasi sarang, juga saat evakuasi sarang Tawon Ndas ini, 2 anggotanya tersengat”, tegas Abdullah saat dikonfirmasi.

Petugas berharap agar warga segera lapor ke call center 112 atau langsung datang ke kantor Damkar di jalan Panglima Sudirman jika menemukan dan teror hewan buas maupun hewan berbisa agar tidak ada korban jiwa. (Risty)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *