Uang Rp 75.000 Dijual Rp 50 Juta
Uang Rp 75.000 Dijual Rp 50 Juta

Uang Rp 75.000 Dijual Rp 50 Juta, Ini Penjelasan Bank Indonesia

eportal.id, Jakarta – Bank Indonesia baru saja mengeluarkan uang pecahan baru Rp 75 ribu. Uang itu dikeluarkan bertepatan dengan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus 2020.

Sejak dikeluarkan Bank Indonesia, masyarakat pun langsung berburu untuk mendapatkan uang baru tersebut. Mengejutkannya, uang pecahan Rp 75 ribu itu malah dijual di e-commerce dengan harga yang fantastis.

Baru sehari diluncurkan, uang pecahan edisi khusus Kemerdekaan RI ke-75 ini sudah banyak dijual di sejumlah marketplace dengan harga yang fantastis. Setidaknya uang pecahan ini sudah ada dijual di Shopee dan Bukalapak.

Berdasarkan pantau, uang kertas rupiah khusus pecahan Rp 75 ribu yang baru diresmikan pada 17 Agustus 2020 ini dijual di Shopee dengan harga mulai Rp 750 ribu, Rp1,75 juta, hingga Rp 8,8 juta.

Baca Juga:  Pabrik Makanan Siap Saji di Cimanggis Depok Terbakar

Sementara itu, di platform digital lain seperti BukaLapak ditemukan pedagang yang menjual uang kertas rupiah khusus pecahan Rp 75 ribu dengan harga mencapai Rp 50 juta rupiah.

Uang Rp 75.000 Dijual Rp 50 Juta
Uang Rp 75.000 Dijual Rp 50 Juta

Menanggapi hal tersebut, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, BI tidak bisa mengatur hal tersebut. Ia menjelaskan, uang edisi khusus ini adalah uang terbatas yang juga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Oleh karenanya, ia menjelaskan bahwa jika masyarakat ingin menyimpan sebagai koleksi karena cetakan terbatas atau membelanjakannya hingga menjual kembali, BI tidak dalam posisi mengatur.

“Jadi misalnya (masyarakat) sudah dapat, dia simpan sebagai koleksi ya silahkan, kalau ada yang mau beli lagi itu silahkan, itu masing-masing kita tak mengatur seperti itu,” ujarnya melalui media briefing virtual, Selasa (18/8/2020) dikutip dari cnbcindonesia.com.

Baca Juga:  Duka yang Mendalam Terlihat Dari Raut Wajah Bunga Citra Lestari

Namun, ia memastikan penukaran uang edisi khusus BI ini dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi seluruh masyarakat yang ingin mendapatkannya. Selain itu, nilai tukar untuk mendapatkan uang edisi khusus ini tetap Rp 75 ribu.

“Silahkan jika lakukan itu (jual kembali), tapi harga penukaran (melalui BI) tetap Rp 75.000,” kata dia.

Selain ini penjualan kembali uang Rp 75 ribu dengan nilai fantastis. Uang ini juga membuat heboh karena adanya warganet yang menyebuat adanya pakaian adat China dalam foto di uang baru tersebut. (rnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *