Video Warga Dipersulit Bayar Pajak Motor Tapi Bisa Lewat Calo. (ilustrasi, pikiran-rakyat.com)
Video Warga Dipersulit Bayar Pajak Motor Tapi Bisa Lewat Calo. (ilustrasi, pikiran-rakyat.com)

Video Viral Warga Dipersulit Bayar Pajak Motor Tapi Bisa Lewat Calo

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria protes ke petugas Samsat karena merasa dipersulit dan tidak bisa membayar pajak STNK kendaraan bermotornya, viral di media sosial, Minggu (19/12/2021).

Sesuai penjelasan dari petugas, pria tersebut tidak bisa membayar pajak kendaraanya karena nama yang tertera dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) berbeda dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang ia miliki.

Pria itu pun menjelaskan bahwa ia membeli motor bekas dan kini ia ingin membayar pajaknya, dan otomatis nama yang tertera di KTP berbeda dengan nama yang terdaftar sebagai pemilik motor tersebut.

Petugas Samsat kemudian menyarankan agar pria tersebut melakukan proses balik nama kendaraan terlebih dahulu, baru kemudian membayar pajak kendaraan.

Baca Juga:  Naik Sedan Mewah, Habib Hasan Mulachela Bagi-bagi Beras dan Uang

Namun pria tersebut mengaku dipersulit, sebab dia hanya ingin membayar pajak. Ia juga mengaku belum cukup uang untuk proses balik nama.

“Saya ini bayar pajak, ada uang untuk bayar pajak, tapi belum bisa balik nama, kok tidak dikasih saya bayar pajak. Salah apa motor saya ini bu?” kata pria dalam video.

Dua hari kemudian melalui video kedua, pria tersebut kembali lagi ke Samsat. Uniknya ia mengaku telah selesai membayar pajak kendaraan tanpa harus balik nama, namun melalui calo.

Baca Juga:  Jenazah Penembak Polisi di Poso Diarak Bagaikan Pahlawan, Bendera Hitam Berkibar

Ia pun meminta penjelasan kepada petugas Samsat perihal apa yang dialaminya. Pria itu menduga ada permainan sehingga dia yang awalnya tidak bisa membayar pajak karena masalah administrasi, namun akhirnya bisa setelah menggunakan jasa calo

Video tersebut diduga pertama kali diunggah oleh akun Facebook Agung Ryu di Grup Facebook Suara Bali (Subali) pada 17 Desember 2021 dan telah dibagikan ulang sebanyak 11.604 kali dan dikomentari lebih dari 2.348 warganet.

Berikut ini beberapa komentar warganet terkait video pengakuan warga dipersulit bayar pajak.

“Sebenarnya ini kasus yg sudah sering Masyarakat alami cuman kbnyakan diyam. Bahkan ada sbgian masyarakat yg lbh seneng gunakan calo biar praktis & mudah meski kna biaya tambahan. Jadi bebas pyngli & calo hanya sebatas selogan saja👍😁” ucap akun Adk Rio.

Baca Juga:  Seorang Balita Positif Corona, Total 17 Orang Terpapar Covid-19 di Kabupaten Probolinggo

“Terimakasih utk bapak ini ya,,,,salut pak….karena sdh sangat mewakilkan suara kami, rakyat kecil, yg masih sulit mencari nafkah, utk bs hidup selayaknya,,,”, Devi Yanthi menambahkan.

“Penasaran sama postingan ibuk itu, diapload apa nggak ya rekaman dr hpnya😁

Kayalnya sih auto dihapus,, takut blunder🤣” tulis akun Sagita Thoax.

“Sepertinya ibu ituu lagi pamer iphone 12 jik Agung Ryu 😅😅 hp ajik kalahh telak😁😁😁”, timpal akun Rilan Tama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *