VIDEO: Tol Becakayu Amblas, Ini Kata PU

Viral Video Tol Becakayu Amblas, Ini Kata PU
Viral Video Tol Becakayu Amblas, Ini Kata PU

Jakarta – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, merespons video yang beredar viral di sejumlah media sosial dan grup percakapan yang menyebut Tol Becakayu amblas. Karena kondisi itu, tak semua jenis kendaraan bermotor bisa melewati bawah jalan layang tersebut.

“Itu bukan jalan tol,” kata Danang Parikesit saat dihubungi pada Selasa, 14 Juni 2022.

Sementara itu, Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR Budi Harimawan mengatakan video yang menyebut Tol Becakayu ambruk itu hoaks. Ia menyebutkan konstruksi yang dimaksud dalam video pendek itu adalah proyek kereta cepat milik PT KCIC di sekitar Tol Jakarta-Cikampek KM 5-6.

“Proyek KCIC, bukan Proyek Tol/PUPR secara langsung,” kata Budi.

Budi menjelaskan, Pemerintah Kota Bekasi dan kontraktor sebelumnya telah sepakat untuk menutup overpass dan menggantinya ke lokasi baru yang sedang dibangun.

“Selama proses pembangunan overpass yang baru, warga tetap minta bisa difungsikan,” katanya.

Adapun Budi mengatakan lokasi diambilnya video itu berada di Jembatan Antilope, Curug, Jatiasih, Bekasi. Adapun konstruksi di atas jembatan itu adalah box girder Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

“Jadi lalu lintas di bawah tetap berjalan dengan pembatasan ketinggian 1,7 meter dan hanya untuk roda dua,” kata Budi.

Sebelumnya beredar video pendek yang memperlihatkan kondisi beton melintang di atas jembatan. Tinggi antara jembatan dengan beton tersebut tak sampai 2 meter sehingga sejumlah kendaraan tidak bisa melintasinya.

Video tersebut tersebar dengan penjelasan bahwa ruas tol Becakayu rusak atau turun dan pengguna disarankan menghindari arah perjalanan ke Kalimalang. Padahal sebenarnya video itu menunjukkan box girder kereta cepat di atas Jembatan Antilope, Curug.

“Udah turun ya, ini dalam proses nih. Mobil Innova yang terbaru nggak bisa lewat, kalau Avanza masih bisa,” seperti dikutip dari perekam video pendek tersebut.

Berikut ini video yang disebut sebagai tol Becakayu amblas:

(tempo.co)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *