KAI Daop 5 Purwokerto Apel Gelar Pasukan Angkutan Nataru 2023-2024
Purwokerto – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto Apel Gelar Pasukan Angkutan Natal dan Tahun Baru nataru 2023-2024 dipimpin oleh Vice President (VP) Daop 5 Purwokerto, Dominicus Agung Wawan Purnawan di halaman Kantor Daop 5 Purwokerto, pada Kamis (21/12/2023).
Apel Gelar Pasukan ini pertanda dimulainya masa Posko Angkutan Nataru KAI khususnya di Daop 5 Purwokerto dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api. Pada Nataru kali ini, KAI menetapkan masa Angkutan Nataru selama 18 hari, mulai 21/12/2023 hingga 07/01/2024).
Untuk angkutan Nataru 2023/2024, KAI Daop 5 Purwokerto menyediakan total 171.612 tempat duduk selama periode tersebut atau 9.534 tempat duduk setiap harinya baik untuk KA regular maupun KA tambahan.
Usung tema “Transportasi Aman, Liburan Nyaman”, seluruh jajaran KAI Daop 5 Purwokerto mulai dari staf hingga top management akan melakukan posko Angkutan Nataru guna memastikan operasional dan pelayanan kepada penumpang berjalan dengan baik.
VP Daop 5 Purwokerto, Dominicus Agung Wawan Purnawan menuturkan“ KAI berkomitmen untuk melayani angkutan Nataru dengan selamat, aman, dan nyaman. KAI Daop 5 Purwokerto telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal pada masa Nataru.
Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.
Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis dipastikan siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati.
KAI Daop 5 Purwokerto konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di high season seperti Angkutan Nataru.
Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di masa Angkutan Nataru ini, KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan 44 petugas pemeriksa jalur ekstra, 13 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 11 petugas daerah perhatian khusus, secara total terdapat 68 petugas ekstra disiagakan di sepanjang lintas Daop 5 Purwokerto.
Adapun sebagai langkah pengamanan bagi pengguna jasa kereta api, KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan total 291 petugas pengamanan dari unsur internal dan eksternal perusahaan.
Adapun rinciannya adalah 114 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 132 personel Security, 7 personel dari Bakham dan 38 personel Bakham Nataru.
Para petugas pengamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, serta melaksanakan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA yang rawan tindakan kejahatan.
Keselamatan dan keamanan kereta api menjadi prioritas utama. KAI terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.
Di samping itu, KAI telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan telah melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian sarana dan prasarana untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima. KAI juga telah melaksanakan Inspeksi Bersama oleh BOD & BOC di seluruh lintas termasuk Daop 5 Purwokerto.
Dari sisi fasilitas, KAI telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari pelanggan memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan.
Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, dan kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan. KAI Daop 5 Purwokerto juga menyiagakan Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 150 personil yang tersebar di 33 stasiun.
Melalui persiapan yang matang, diharapkan moda transportasi KA selama masa Angkutan Nataru ini dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, dan terkendali sehingga para pelanggan KA yang akan menikmati perjalanan liburan akhir tahun dengan nyaman dan tercipta kepuasan pelanggan. (Kus)
Comment