Keimigrasian Tanjung Priok Sosialisasi M-Paspor dan E-Visa

Keimigrasian Tanjung Priok Sosialisasi M-Paspor dan E-Visa
Keimigrasian Tanjung Priok Sosialisasi M-Paspor dan E-Visa

Keimigrasian Tanjung Priok Sosialisasi M-Paspor dan E-Visa

Jakarta – Sejak Indonesia pulih dari pandemi COVID-19, Divisi Keimigrasian Tanjung Priok, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan melangsungkan pembuatan paspor akhir pekan (Sabtu dan Minggu) di sejumlah tempat rekreasi Ibu Kota.

Salah satunya di Pantai Indah Kapuk, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengajak warga pelabuhan memanfaatkan pelayanan paspor akhir pekan yang dibuka Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara tersebut

Bacaan Lainnya

“Hari Sabtu-Minggu mendatang itu, Bapak Kepala Divisi Imigrasi (Pamuji Raharja) membuka pelayanan paspor di Pantai Indah Kapuk. Nanti yang melayani itu ada dari Kantor Imigrasi Tanjung Priok dan Kantor Imigrasi Jakarta Utara,” kata Ibnu saat ditemui wartawan di sela acara Sosialisasi Kemudahan Pelayanan Keimigrasian di Pademangan, Jakarta Utara, Kamis.

Tak hanya di PIK, Ibnu pun menyampaikan layanan paspor akhir pekan (Sabtu dan Minggu) juga dibuka di pusat perbelanjaan Pasar Pagi Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara.

Dengan adanya layanan paspor akhir pekan oleh Keimigrasian Tanjung Priok itu, Ibnu berharap masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan keimigrasian, kapan pun mereka membutuhkan, tidak hanya pada saat hari-hari kerja (Senin-Jumat) saja.

“Harapannya, masyarakat bisa kapanpun membutuhkan pelayanan Keimigrasian bisa memperolehnya dengan baik. Itu targetnya seperti itu,” kata Ibnu.

Menurut Ibnu, sudah dua bulan terakhir Divisi Keimigrasian Kanwil Kumham DKI beserta seluruh jajaran kantor imigrasi meningkatkan waktu pelayanan agar pelayanan yang diberikan lebih maksimal dibandingkan masa pandemi COVID-19.

Saat pandemi, layanan paspor cukup terbatas kuota yang dibuka, karena ada pembatasan jarak dan lain-lain, selain itu hanya dilaksanakan pada hari kerja saja yaitu Senin sampai dengan Jumat.

Setelah pandemi COVID-19 dinyatakan berakhir oleh Presiden Joko Widodo, Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim mengarahkan kepada Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kumham DKI untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam hal pelayanan.

Maka muncul ide dari jajaran kantor imigrasi untuk menggandeng sejumlah pusat perbelanjaan, di antaranya untuk wilayah Jakarta Selatan ada dua, salah satunya Kemang Village.

Di wilayah Jakarta Timur, pelayanan paspor diadakan di PGC Cililitan dan Cibubur Junction. Kemudian untuk wilayah Jakarta Pusat ada di Plaza Semanggi. Jakarta Barat ada di Mal Puri Kembangan.

“Bapak Dirjen Imigrasi telah menugaskan secara khusus kepada Kepala Divisi Imigrasi dengan seluruh jajaran Imigrasi untuk meningkatkan waktu pelayanan,” kata Ibnu.

Data statistik penerbitan paspor dari Sistem Manajemen Informasi Keimigrasian (SIMKIM) menunjukkan jumlah penerbitan paspor nonelektronik secara nasional pada Januari 2023 sebanyak 407.159 dan paspor elektronik sebanyak 156.323.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tanjung Priok, Abdi Widodo Subagio, mengatakan sejumlah 3.053 permohonan paspor tercapai selama Januari 2023, yang terdiri 2.566 paspor nonelektronik dan 487 paspor elektronik.

Selain memanfaatkan layanan akhir pekan, masyarakat tetap bisa membuat paspor pada hari biasa dengan mendaftar melalui aplikasi M-Paspor, atau juga dapat mengakses layanan pembuatan atau penggantian paspor kolektif di lokasi yang diinginkan melalui fasilitas Eazy Passport.

(Wahyuni Adina Putri)

 

Keimigrasian Tanjung Priok Sosialisasi M-Paspor dan E-Visa

Pos terkait

Comment